Pantai Pulisan : Menjejak Pasir Hingga Bukit nan Eksotis

04 December 2019

Setelah ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas, Likupang terus membenahi sektor wisatanya. Ada beberapa destinasi keren di Likupang yang harus Anda kunjungi, salah satunya adalah Pantai Pulisan yang terletak di Desa Pulisan, Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Pasir pantai ini indah, penuh bebatuan eksotis serta bukit savana yang memukau. 

Seakan memiliki magnet, pantai Pulisan dapat menarik masyarakat untuk menikmati sajian alam dengan beragam pesona.Kawasan ini boleh dibilang tidak pernah sepi pengunjung, baik di akhir pekan, hari kerja, apalagi di hari libur. Beragam aktivitas BISA dilakukan di sini, mulai dari berburu foto wisata, hingga foto pra nikah.

Sesungguhnya  kawasan ini dibuka pada akhir Maret tahun 2014. Ia memiliki luas kurang lebih 3 hektar dengan garis pantai sepanjang 500 meter. Pasir putih yang halus menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri. Dengan ombak yang tenang juga menjadikan rasa aman  terutama bagi Anda yang ingin berenang.  

Selain itu,  di sebelah barat pantai terdapat wisata hutan lindung dengan aneka ragam pohon yang berusia ratusan tahun.  Ini merupakan  pesona menarik bagi wisatawan.

Kawasan ini memiliki tiga bagian pantai yang dipisahkan oleh tebing batu yang menjorok ke laut. Spot pertama yakni kawasan yang telah dikelola masyarakat desa Pulisan dan menyediakan tempat parkir kendaraan, toilet, kamar ganti, serta meja yang  bisa disewakan. 

Masyarakat menyewakan meja seharga Rp 50 ribu. Barang bawaan Anda bisa dititipkan disini jika Anda akan naik perahu. 

Sebaiknya, Anda harus menyeberang dengan perahu, baru bisa menikmati eksotisnya pantai ini.

Kawasan paling favorit adalah goa. Kenapa disebut goa, karena di sini ada tebing batu yang berbentuk goa, yang bersentuhan langsung dengan laut. Di goa ini menjadi tempat favorit warga untuk mandi. Di sekitar goa juga terdapat tebing bebatuan abu-abu eksotis yang membuat pemandangan pantai ini semakin indah. 

Puas dengan pantai dan bebatuan eksotis, Anda bisa menikmati suasana beda dari pantai ini.  Yakni, padang savana akan memukau mata. Lokasi ini hanya perlu  dipanjat sekitar 50 meter.

Untuk masuk ke area pantai, pengunjung dikenai dana pengembangan desa senilai Rp5.000. Bagi Anda yang ingin memompa adrenalin, bisa menikmati banana boat, dengan biaya sewa Rp25.000 per orang. 

Beragam perlengkapan keamanan sudah disiapkan pengelola. Bagi mereka yang tak sempat membawa bekal kudapan tidak perlu khawatir, pasalnya di pantai ini berjejer warung-warung warga yang menyiapan sajian kuliner.

Untuk menuju ke pantai Pulisan, kita harus berkendara sekitar 90 menit mengarah ke Likupang. Dari kota Manado sendiri, butuh waktu berkendara sekitar 60 menit. Sehingga total perjalanan ke Pantai Pulisan memakan waktu 2 jam 30 menit.

Jadi, jika mau ke Sulawesi Utara, jangan lupa mengunjungi pantai Pulisan yang eksotis ini. XPOSEINDONESIA/Foto : Puskomblik Kemenparekraf

More Pictures

 

 

 

 

 

Last modified on Wednesday, 04 December 2019 20:01
Login to post comments