20 November 2020 Published in Hot Spot

Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, didorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk lebih dikembangkan sebagai upaya meningkatkan daya tarik wisata yang berdaya saing namun tetap mempertahankan pelestarian lingkungan.

18 November 2020 Published in Souvenir

Jika sekali waktu berkesempatan berkunjung ke Belitung,  mampirlah ke Mie Belitung Atep yang terletak  di Jalan. Sriwijaya no. 27, Kelurahan Kampung Parit, Tanjung Pandan, Belitung. 

16 November 2020 Published in Hot Spot

Desember  bakal datang,  liburan ahir tahun  2020 bakal menjelang, sementara pandemic Covid 19 diharapkan perlahan semakin menyurut. 

31 October 2020 Published in Souvenir

Sinematek Indonesia menerbitkan buku baru. Judulnya ‘100 Orang Kuat Perfilman Indonesia’ (100 Most Powerfull Person in Indonesian Film Industry) karya wartawan senior Akhlis Suryapati. Buku setebal 454 halaman  tersebut dijual dengan harga Rp 250.000,-

29 October 2020 Published in How to Travel
Awal pekan ini, Agoda baru saja memperkenalkan GoLocal Tonight di Indonesia yang merupakan fitur untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang saat ini bergeser dan melakukan last-minute booking atau pemesanan beberapa saat sebelum melakukan perjalanan.
 
Tren ini dipicu oleh ketidakpastian di masa pandemi seperti protokol dan kebijakan kesehatan yang terus berubah serta pembatasan perjalanan. Nah, dengan GoLocal Tonight memastikan wisatawan yang memiliki rencana spontan mendapatkan penawaran terbaik sehingga bisa segera membuat rencana perjalanan.
 
Wisatawan Indonesia dapat membuat pemesanan di hari yang sama (same-day booking) dan mendapatkan diskon hingga 30% dari akomodasi yang berpartisipasi. Penyedia akomodasi yang ikut dalam inisiatif GoLocal Tonight akan mendapatkan keuntungan karena Agoda membantu mereka menjangkau wisatawan menit akhir yang mencari penawaran menarik untuk wisata domestik.
 
GoLocal Tonight adalah lanjutan dari kampanye Agoda GoLocal yang telah sukses sebelumnya, menyoroti tempat-tempat terbaik di Indonesia untuk dikunjungi, serta mendapatkan keuntungan dari penawaran terbaik yang diberikan oleh hotel dan akomodasi.
 
"Kami merasa masyarakat Indonesia masih ingin bepergian, dan GoLocal Tonight menjadi hal yang menarik bagi wisatawan yang secara spontan memutuskan untuk memesan hotel di pagi hari dan menginap di malam harinya. Agoda ingin membantu wisatawan yang masih terinspirasi untuk mengeksplorasi kotanya sendiri, juga komunitas lokal dan mitra hotel yang terdampak. Dengan GoLocal Tonight, wisatawan akan gembira bisa menghemat hingga 30%, sementara mitra hotel bisa meningkatkan okupansi dan mendapatkan lebih banyak pesanan, ini solusi yang menguntungkan semua pihak,” kata Gede Gunawan, Country Director, Agoda Indonesia.
 
Selanjutnya, untuk membantu memudahkan wisatawan menemukan cara bepergian yang lebih aman, Agoda meluncurkan HygienePlus, fitur verifikasi yang menunjukkan langkah-langkah kesehatan dan higienitas yang dilakukan para penyedia akomodasi di platform perjalanan. Selagi kegiatan wisata berlanjut, HygienePlus semakin meyakinkan para wisatawan dalam menemukan hotel atau rumah liburan yang memenuhi daftar langkah-langkah kebersihan standar.
 
Senada dengan tren global, masyarakat Indonesia merasa ‘Sertifikasi Kebersihan dari Pemerintah’ menjadi faktor yang sangat penting sebelum mereka mulai bepergian lagi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana untuk menyediakan sertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelangsungan lingkungan hidup (CHSE) secara gratis untuk pelaku industri pariwisata di seluruh 34 provinsi di Indonesia, yang bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik untuk melakukan perjalanan.
 
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengaku sangat mengapresiasi inisiasi terbaru yang digagas Agoda, yaitu GoLocal Tonight dan Hygiene Plus. Menurutnya, wisatawan saat ini cenderung mencari destinasi yang aman, dalam artian sudah menjalankan protokol kesehatan, serta mengutamakan fleksibilitas dalam hal transportasi dan akomodasi.
 
“Program Agoda ini dapat membantu industri akomodasi beradaptasi dengan kebutuhan wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru. Selain itu, program ini dapat membantu wisatawan agar dapat be rwisata dengan lebih aman dan fleksibel,” ujarnya di Jakarta, Selasa (27/10/2020).
 
Fitur HygienePlus dari Agoda mencakup daftar panjang berdasarkan standar kesehatan internasional yang dilakukan oleh hotel. Termasuk diantaranya melatih staf untuk protokol keselamatan, check-in/out bebas kontak (contactless check-in/out), pengukuran suhu badan staf dan tamu, staf mengenakan pelindung wajah, sekat pelindung di area umum, desinfeksi harian di akomodasi dan kamar, penyediaan masker wajah, penyediaan peralatan sterilisasi dan hand sanitizer untuk tamu, pengaturan ruang makan yang aman, dan memasang petunjuk untuk memastikan jaga jarak fisik./ XPOSE INDONESIA - AM
 
29 October 2020 Published in Souvenir

Pelaku wisata di Indonesia  diingatkan untuk melengkapi data mikro terkait usahanya agar lebih mudah dijangkau program pemerintah dengan lebih efektif.

20 October 2020 Published in Souvenir

Empat destinasi wisata di Bali diajak  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA).

08 October 2020 Published in Hot Spot

Masyarakat desa wisata di sekitar kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, didorong untuk aktif dalam mengembangkan desa wisata termasuk meningatkan kapasitas dalam menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE yang akan menjadi kebutuhan wisatawan di era adaptasi kebiasaan baru. 

02 October 2020 Published in Hot Spot

Hari terakhir Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf)  melakukan liputan ke Jawa Tengah,  Rabu, 30 September 2020,  kami terjadwal untuk mengunjungi  kawasan wisata Nepal van Java.

02 October 2020 Published in Hot Spot

Tidak jauh dari Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah,  terdapat objek wisata baru. Namanya Svargabumi. Uniknya,  tempat wisata ini  letaknya di tengah-tengah hamparan sawah dan pemandangan Bukit Manoreh dan Candi Borobudur.  Lokasi tepatnya ada pinggir jalan, di perbatasan Dusun Ngaran dan Dusun Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.