Kolaborasi Gita & Erwin Gutawa Lampaui “Di Atas Rata-Rata”

03 September 2020

 “Di Atas Rata-Rata” atau DARR merupakan proyek musical keren yang digarap oleh kolaborasi ayah dan anak, Gita Gutawa dan Erwin Gutawa sejak tahun 2011.

 

Berangkat dari kepercayaan Gita dan Erwin bahwa banyak anak-anak Indonesia yang memiliki kemampuan atau bakat. Maka dari itu, DARR dibuat untuk memberikan sorotan lebih serta menjadi wadah bagi anak-anak yang memiliki bakat.

Program DARR ini adalah menemukan  dan  juga menggembleng anak-anak bertalenta di bidang musik sebagai generasi baru  di dunia musik. Sekumpulan anak anak berbakat itu kemudian diberi peluang untuk menyanyi di pentas dan dibuatkan album.

Gita mengatakan bahwa generasi muda zaman sekarang memiliki banyak prefensi. Mereka bisa melihat, belajar, serta mencontoh musik dari zaman kapan pun dan tidak terbatas melalui sosial media. Ia juga banyak bertemu anak-anak yang memiliki kemampuan luar biasa untuk seusianya.

“Waktu itu aku bertemu anak 9 tahun sudah bisa bernyanyi jazz lengkap dengan improvisasi, anak 10 tahun bisa nyanyi klasik dengan full Bahasa Italy. Dari situ kita tergerak untuk bikin diatas rata-rata,” kata Gita Gutawa saat diwawancarai oleh Bens Leo dalam program “Cakap-Cakap Bens Leo” pada Senin (31/08/2020).

Tahun ini, Gita dan Erwin mencoba memperbesar dan mengubah DARR dengan memanfaatkan media sosial.

“Kalau dulu mungkin kita mencari dengan sistem audisi atau rekomendasi dari orang-orang dan nyari ke sekolah-sekolah musik. Tapi, kalo sekarang karena udah ada platform media sosial, jadi kita mengajak. Memang banyak yang suka upload dan tag diatas rata-rata dan banyak juga yang bagus-bagus. Dari situ kita coba support lagi,” tutur Gita.

Gita mengaku bahwa ia belum memiliki rencana dan keinginan untuk kembali menekuni sebagai penyanyi. Saat ini, Gita fokus di belakang layar dan berkolaborasi dengan sang ayah, Erwin.

“Jadi selama pandemi kemarin, saya suka bikin konser virtual. Orchestra dengan tulus, afgan, dan sama raisa. Terus acara beberapa company dan sama banyak penyanyi dan orang belakang layarnya ini (Gita) sebagai produser konser,” kata Erwin Gutawa dalam kesempatan wawancara yang sama

Menurut Gita, apa yang menjadi fokusnya sekarang merupakan suatu dunia yang baru baginya.

“Kalo misalnya berkaca lagi, dulu sebenernya aku masuk ke industri musik kayanya mungkin karena melihat papa. Dulu kan memang senengnya sama musik karena prosesnya. Jadi, kaya ikut latihan, ikut rekaman sebagai penyanyi. Mengikuti semua prosesnya itu menurut aku sangat menyenangkan. Jadi, ini seperti sekarang aku lagi menjalankan. Dulu mungkin aku cuma ngeliatin, dan jadi bayangannya Papa,” kata Gita.

Pada bidang nyanyi dan manajemen produksi serta kreatif, tidak bisa lepas dari kolaborasi antara ayah dan anak. Menurut Erwin, terdapat perbedaan dari tahun ke tahun. Mulai dari Gita terjun ke industri music hingga kini menjadi partner dalam proyek DARR. Erwin mengatakan bahwa ia akan terus memberikan support untuk Gita terus berkembang.

“Kalo saya kan selalu akan men-support Gita berkembang. Nah mulai Di Atas Rata-Rata kita malah jadi partner. Bareng-bareng memikirkan bagaimana sebaiknya anak-anak ini dikemas dan segala macem. Kerjasama kita lebih banyak soal kreatif, bukan cuman semata-mata musik. Jadi memang kita berpartner makin lama makin saling berbagi juga,” tutur Erwin. XPOSEINDONESIA -Nanda Gia Foto : Koleksi Indrawan, & Dudut Suhendra Putra

 

 

 

More Pictures

Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...