Ananda Sukarlan Gubah Lagu Amal untuk 8 Dokter Ahli Jantung & Joy Tobing

26 May 2020

Pianis dan komponis Ananda Sukarlan bersama penyanyi Joy Tobing dan delapan dokter spesialis jantung melahirkan sebuah lagu, untuk penggalangan dana  bagi masyarakat kecil yang terdampak Pandemi Covid-19.

Lagu bertajuk “A Better World”  itu sudah bisa disimak di akun YouTube milik  Joy Tobing dan Ananda Sukarlan.

“Lagu ini menjadi kontribusi nyata, sekaligus aksi kemanusiaan dari para dokter jantung untuk masyarakat kecil,” ungkap dr. Nancy Weber, yang membantu mempromosikan lagu ini.

Musik  Easy Listening & Menyentuh

Ide pembuatan lagu ini, awalnya dicetuskan dr. Bambang Budiono, SpJP, yang menulis lirik  lagu berjudul “A Better World”, bersama sahabatnya Bramantyo Prijosusilo, budayawan Indonesia yang saat ini bermukim di Australia.

Lirik “A Better World”, bertujuan mengajak kita bersama bergandengan tangan,  saling mendukung menghadapi badai pandemi.

“Lirik  itu berubah menjadi lagu matang setelah saya mempertemukan dr. Bambang Budiono dengan Ananda Sukarlan, juga Joy Tobing sehingga terciptalah kolaborasi dengan penyanyi 8 dokter ahli jantung ini,” kata dr Nancy Weber sambil menyebut nama-nama dokter yang terlibat antara lain, dr. Bambang Budiono, SpJP, dr. Jajang Sinardja SpJP, dr. Alexander Edo Tondas, SpJP, dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP, dr. Amiliana M Soesanto, SpJP,  dr. Emanoel Oepangat, SpJP, dr. Vireza Pratama SpJP,  dan dr. Ade Imasanti Sapardan, SpJP.

Ide mengajak masyarakat untuk saling tolong menolong melalui musik, diyakini dr Bambang  bisa digapai lebih  mudah. “Karena musik adalah bahasa universal yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan tentang kemanusiaan, semangat kebersamaan kepada siapa saja,” ujar dr Bambang

Namun, dr. Bambang Budiono jujur mengaku, ketika dr Nancy mengusulkan nama Ananda Sukarlan untuk mengubah lagu ini, ia sempat khawatir.

“Karena nama Ananda, selalu dipersepsikan  dengan  karya musik yang rumit, sehingga  saya sempat berpesan kepada Ananda  untuk membuat lagu yang easy listening, yang bikin semua orang bisa menyanyikan lagu tersebut,” ujar dr. Bambang

Ananda Sukarlan  menyambut tawaran itu  dengan mengatakan,  “Bikin musik mudah itu, sebetulnya  nggak mudah lho. Justru lebih sulit, karena semuanya harus dibatasi seperti range hanya satu oktaf, frase harus disesuaikan dengan napas yang tidak boleh kepanjangan. Seperti itulah,” kata Ananda yang pada awal  menerima tawaran, hanya diberitahu bahwa  lagu itu akan dinyanyikan dokter dokter ahli jatung, yang bukan penyanyi professional.

Kesulitan lain yang dirasa Ananda bakal dihadapinya adalah, proses rekaman dirancang dilakukan secara istimewa, karena adanyanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semua akan menyanyi secara online. Jadi ketukan harus jelas, dan ini bisa mengurangi kebebasan dan ekspresivitas. Tapi untunglah, ternyata dokter-dokter itu nyanyinya keren. Ditambah ada Joy! Kalau saya dikasih tahu ada Joy, saya bikin yang jauh lebih menantang deh!”

Lagu Untuk Kekuatan & Penyemangat

Bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1441 H, (24 Mei 20202) yang membawa pesan damai, lagu ini dirilis dan diposting di Youtube milik Ananda dan Joy Tobing.

Ide pembuatan lagu sekaligus untuk penggalangan dana ini didukung Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI ), “yang akan menjadi penghimpun donasi sekaligus menyalurkan kepada masyarakat kecil,” kata Nancy  smenyebut Donasi bisa diberikan melalui Bank Mandiri atas nama : PP Perki, Nomor rekening : 116 00990 43052.

Proses Produksi  lagu ini berjalan dengan kolaborasi mandiri, dan dukungan beberapa pihak seperti D&G Record Makassar, Dermalounge, Rumah Daksha, Yamaha Musik, Alleira Batik, Anakbaik Production & The F People akhirnya terciptalah Music Video “A Better World”.

Joy Tobing  dalam postingnya di akun YouTube Ananda berharap  lagu Ini dapat memberikan kekuatan dan semangat lebih untuk menjalani tantangan ditengah situasi pandemi.  

“Semoga lagu Ini dapat mengetuk pintu hati para pendengar untuk dapat ikut serta memberikan bantuan (dengan sukarela) ke nomor Rek yang tercantum di video clip ini. Semoga niat tulus dari kepedulian sosial yang kita lakukan, Tuhan membalas dan memberkati senantiasa.”

dr Bambang  menyebut, pandemi  Covid 19 telah mengajarkan kita untuk menjaga jarak fisik, “Namun ada disiplin lain yang mengajak kita, untuk merapatkan barisan dan menyatukan semangat kegotongroyongan mengulurkan tangan kepada mereka yang saat ini  mengalami berbagai kesulitan!”

Ananda di Panggung Online Streaming Pertama

Usai menggubah lagu untuk dengan para dokter jantung dan Joy Tobing, Ananda Sukarlan akan mengadakan konser online pertama pada 28 Mei 2020 pukul 19.00 WIB. Acara ini diselenggarakan Dirjen Kebudayaan RI dan bisa disaksikan secara streaming melalui kanal YouTube Budaya Saya.

“Ini tantangan baru untuk saya, beda dengan bermain live di TV, misalnya. Karena penonton akan datang dari berbagai negara, budaya dan bahasa. Untuk itu saya harus menyusun program yang kuat ke Indonesiaannya, tapi juga harus komunikatif dengan budaya lain.  Tapi saya juga percaya musik itu univesal kok,”  ujar Ananda.

Menurut rencana, dalam pentas  streaming tersebut Ananda akan membawakan nomer nomer Rapsodia Nusantara yang telah dikenal dalam dunia piano Internasional, dan memainkan beberaa  karya baru yang terinsipirasi dari lagu pop yang dipopulerkan Phil Collins, Celine Dion dan Maroon 5XPOSEINDONESIA/NS Foto: Istimewa

 

 

 

 

 

 

 

Media

Last modified on Sunday, 31 May 2020 02:43
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...