M Bloc : Kembalikan Kejayaan Blok M jadi Pusat Pop Culture Jakarta

27 September 2019

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bekerja sama denga PT Ruang Riang Milenial menambah ruang kreatif sekaligus tempat hang out baru dan berbeda dari kebanyakan yang telah ada.  Namanya M Bloc.

Terletak di area seluas 6.500 meter persegi, persis di samping terminal bus Blok M. Tepatnya di arena  bekas perumahan karyawan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).  Sebanyak 16 rumah berdesain asli Kebayoran Baru era 1950-an ini, dialihfungsikan dari bangunan yang terbengkalai sejak 2005, menjadi ruang kreatif dan ruang  niaga bagi musisi dan seniman.

Head of Corporate Secretary and Strategic Planning Peruri, Eddy Kurnia, menyebut kegiatan ini merupakan pemanfaatan aset negara."Ini optimalisasi aset Peruri, ada banyak aset, dan yang terbesar di sini," kata Eddy saat jumpa media di M Bloc, Jakarta Selatan, Kamis (26/9).

Glenn Fredly dari  PT Ruang Riang Milenial mengaku optimis, M Bloc, ”bisa jadi ruang  public baru  yang menawarkan hasil kreatif anak bangsa. Di sini akan ada  musik, fashion dan juga kuliner!”

Program Director M Bloc, Wendi Putranto, menjelaskan, ketika disurvei pertama kali pada Februari lalu, kondisi bangunan dan kawasan itu disebut amat tidak terurus.“Awal masuk pada 2 Februari, suasana kayak hutan belantara. Saya kaget, waktu masuk ke dalam  ternyata gede banget. Ini  kayak melihat harta karun  sebuah space yang sudah 25 tahun diabaikan,” ujar Wendy.

Awalnya, terdapat bekas gudang percetakan seluas 900 meter persegi yang direnovasi menjadi dua ruangan. Pertama, restoran seluas 450 meter persegi dan yang kedua jadi ruang pertunjukan dengan luas yang sama.

Menurut penjelasan Wendi, ruang pertunjukan dirancang dengan sistem akustik, agar penampilan musik bisa berlangsung sesuai standar pertunjukan. Ruang tersebut mampu menampung sekitar 350 orang  dalam posisi berdiri. Namun, bila penonton diposisikan untuk duduk, ruangan hanya mampu menampung 250 orang.

Acara  pembukaan secara resmi M Bloc dilakukan Kamis 26/9/2019 dengan menampilkan Krontjong Toegoe, White  Shoes and The Couples Company dan Glenn Fredley

Seusai ini, M Block Space  akan menggelar pertunjukan musik yang berlangsung setiap hari (kecuali Selasa). Pertunjukan musik akan berlangsung hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya, disesuaikan dengan jadwal MRT yang menjadi moda transportasi yang berada di sekitar area tersebut.

Wendi berharap setiap hari akan ada musisi atau kegiatan seni panggung yang bakal tampil. Ia memprioritaskan ruang pertunjukan M Bloc untuk musisi atau seniman yang tidak memiliki tempat untuk mentas.

"Tidak ada pertunjukan band Top 40 karena mereka sudah banyak tempat untuk tampil di mana-mana. Kalau acara musik tribut untuk musisi luar atau dalam negeri masih boleh," kata Wendy.

M Bloc diharapkan Wendy dapat mengembalikan kejayaan Blok M era 70-80, “sebagai pusat kreatif  anak muda sekaligus sebagai pusat pop culture di Jakarta!" XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

 

Last modified on Friday, 27 September 2019 13:19
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...