Synchronize Festival: Titik Temu Tred Musik Kenangan & Musik Hari Ini

26 September 2019

Bisa dipastikan, Synchronize Festival 2019 akan menjadi panggung terlengkap yang menampilkan kejutan ragam jenis musik, juga  ragam musisi dari era 1980-an hingga hari ini.

Salah satu yang mengejutkan adalah munculnya sang veteran campursari, yang sedang melejit jadi hits : Didi Kempot.  Sang pelantun “Cidro”  ini yang serta merta mendapat  julukan The Godfather of Broken Heart   pada 2019  lantaran sebagian besar lagu yang diciptakan dan dinyanyikannya bertema kesedihan, patah hati, dan penantian.

 Di samping itu akan terlihat pula musisi Erwin Gutawa. “Ia akan memperdengarkan lagu dari suara  asli almarhum Chrisye,”   ungkap Program Director Synchronize Fest Kiki Aulia atau Ucup. Pentas tersebut digarap seperti pentas Erwin beberapa tahu lalu. 

Gitaris jazz Tanah Air, Jopie Item, pun akan tampil bersama kolektif gitaris andal Six Strings. Ada pula kehadiran sang vokalis bosanova veteran, Rien Djamain, yang akan berkolaborasi dengan penulis lagu teruji, Mondo Gascaro

Dalam sektor musik kenangan, Synchronize Festival 2019  bakal menghidupkan kembali Clubeighties, band pop  anak-anak Institut Kesenian Jakarta. Mereka berjanji akan tampil bersama dua mantan personelnya  yang kini luar biasa hits : Deddy Mahendra Desta dan Vincent Ryan Rompies. 

Kiki Aulia atau Ucup mengakui, bukan hal mudah mengumpulkan  dan meminta Desta, Vincent, Lembu, Cliff, dan Ytonk tampil bersama lagi, setelah sekian tahun terpisah. 

"Dan kebetulan di tahun 2019 ini, memang  momen sepuluh tahun bagi Clubeighties berpisah. Trigger-nya  sebenarnya sudah dari tahun 2017. Gue propost sana sini, alhamdulillah sekarang diterima," ujar Kiki dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (25/9/2019).

Bagi Lembu, pertemuan  personil Clubeighties  di Synchronize Festival 2019 sekaligus menjadi moment, “Untuk kami mengeluarkan single terbaru,”ujar pria bernama lengkap Lembu Wiworo Jati  dan memegang posisi vokalis  di Clubeighties

Di sisi lain, terdapat band-band yang merayakan usia eksistensi dari karya yang pernah mereka ciptakan. Unit new wave kebanggaan Ibu Kota, The Upstairs, akan tampil secara khusus membawakan album Energi. Solois folk asal Bandung, Adhitia Sofyan, akan merayakan satu  dekade album Quiet Down. 

Begitu pula band post-rock asal Bekasi, The Trees and The Wild, yang akan mengenang usia 10 tahun karya perdananya yang lebih bernuansa folk bertajuk Rasuk. 

Di Synchronize Festival 2019 juga akan datang melalui tren kebangkitan emo yang membuncah dalam setahun terakhir. Band-band berjaya di era 2000-an kembali dihidupkan dari alamnya, mulai dari Jakarta Flames, Too Late To Notice, The Side Project, Speak Up, Seems Like Yesterday, Killed By Butterfly, Killing Me Inside Reunion, Alone At Last, hingga pemandu pesta emo asal Jakarta bernama Dieunderdogg – Emo Revival.  

Salah satu kehebatan Synchronize Festival memang menjadi titik temu tren musik Indonesia yang tengah dan pernah berlangsung. Jika Anda para penganut folk kopi senja, Syarikat Idola Remaja dapat menambah daftar penampil yang wajib Anda tonton. Bukan tanpa alasan, pasukan folk asal Bandung ini terbentuk dari gabungan band-band folk lain seperti Teman Sebangku, Mr. Sonjaya, Balaruna, Tetangga Pak Gesang, Parahyena, hingga Orkes Midaleudami. 

Sedangkan bagi Anda yang sangat antusias dengan meroketnya musik dangdut, koplo, hingga fangkot di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, nama-nama yang harus Anda ramaikan mulut panggungnya adalah Club Dangdut Racun, Feel Koplo, hingga Prontaxan. 

Salah satu Deretan penampilan spesial tidak berhenti sampai di situ. Salah satu yang menjadi pamungkasnya adalah kehadiran para Jenderal Musik Melayu yaitu Radja, Setia Band, Wali, hingga Babang Andika eks-Kangen Band. Mereka akan meramaikan pesta karaoke yang dipandu oleh sang pionir, Oom Leo Berkaraoke. 

Semua deretan penampilan spesial ini akan tersebar di Synchronize Festival 2019 selama tiga hari, bersama lebih dari 100 musisi Indonesia lainnya yang juga pantang untuk dilewatkan aksi panggungnya. Kamu sudah punya tiketnya? Buruan pesan gih. XPOSEINDONESIA/ Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Thursday, 26 September 2019 16:00
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...