Green Movement  di Synchronize Festival 2019  : Ayo Bawa Thumbler Sendiri

26 September 2019

Panggung penyelenggaraan Synchronize Festival 2019  dipromosikan berbeda dibandingkan festival sejenis. Bahkan juga berbeda dari  penyelenggaraan serupa  yang dibuat pada tahun lalu. Selaras dengan jargon yang selalu dipegang teguh; Synchronize Festival 2019  bukan sekadar festival, tetapi juga sebuah pergerakan.

Dalam peyelenggaraan di 2019 ini, panitia  membuat Gerakan penghijauan (Green Movement), dengan tema ‘Memanusiakan Alam, Mengalamikan Manusia’, seluruh penonton, pengisi acara, hingga anggota penyelenggara dapat menunjukkan kepeduliannya akan hubungan manusia dengan manusia, juga manusia dengan alamnya. 

“Synchronize Festival tak hanya menjadi sebuah perayaan musik Indonesia, tetapi juga pergerakan budaya urban dan popular.  Salah satunya dengan cara  pengurangan jumlah sampah botol kemasan sekali pakai. 

“Kami akan membagikan 3000 thumber untuk pengisi acara dan panitia!”  kata David Karto Festival Director Synchronize Fest 2019  dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (25/9).

"Setiap festival musik menyumbang sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) diperkirakan sampai tiga ton, sepanjang tiga hari. Khusus tahun ini, Synchronize menggerakan program Bring Your Own Tumbler kepada semua pekerja dan tim Synchronize juga semua artis dan kru,"  Karto menambahkan

Para penonton, lanjut David, juga diimbau untuk membawa tumbler atau botol minuman sendiri,  yang dapat diisi di tempat pengisian air minum. Pengunjung bisa membayar harga air  dengann seikhlasnya agar tetap menghargai nilai air yang telah disediakan.

Di luar program itu, sejalan dengan misi Green Movement dibuat pula kegiatan bertajuk Crowdsourcing Project . Yakni mengirim pakaian berwarna bekas pakai yang masih layak untuk  didonasikan kepada membutuhkan.

Selain itu, ada  pula program Upcycling Project yang sebuah upaya menyiasati pengolahan bahan bekas dari  materi promosi, seperti umbul-umbul maupun baliho bekas untuk dijadikan sebuah produk dengan nilai tambah. 

Kemudian, ada pula program Bike to Synchronize Festival. “Kegiatan bersepeda bersama menuju Synchronize Festival 2019. Seluruh pihak yang ingin mengikuti kegiatan ini, dapat bertemu di Plaza Blok M pada pukul 15:00 WIB sebagai titik kumpulnya. Pihak penyelenggara akan menyediakan area parkir khusus dan loker penyimpanan khusus bagi para pesepeda,” tutur Kiki 'Ucup' Aulia selaku Program Director

Selain menyediakan water refill station dan bike parking area demi memenuhi misi Green Movement, Synchronize Festival 2019 juga akan menyediakan fasilitas-fasilitas lain untuk seluruh penonton seperti difabel viewing area & toilet, kids & nursery room, movie area, record market, merchant area, dan food & beverage area.  juga Green Green Power Electricity: Seluruh kebutuhan listrik Synchronize Festifal 2019 dengan total 2,7 juta Volt Ampere (VA) ini menggunakan sumber listrik yang ramah lingkungan dari PLN, dan tidak lagi menggunakan generator set. Sehingga tidak ada polusi udara maupun polusi suara di lokasi acara. Sebuah konsep pertunjukan musik yang bukan sekedar menghibur, namun juga tertata dengan cermat, sekaligus cerdas. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Thursday, 26 September 2019 15:46
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...