Kla Project Kesungguhan perjalanan 25 tahun

27 November 2013
Konser akustik yang diadakan sebagai perayaan 25 tahun band yang digawangi Lilo Radjadin (gitar), Adi Adrian (Keyboard), dan Katon Bagaskara (vokal) Konser akustik yang diadakan sebagai perayaan 25 tahun band yang digawangi Lilo Radjadin (gitar), Adi Adrian (Keyboard), dan Katon Bagaskara (vokal) XPOSEINDONESIA / Dudut Suhendra Putra

KLa Project membuktikan bahwa mereka masih punya daya pikat yang kuat di industri musik Indonesia. Perjalanan selama 25 tahun malang melintang dan berkarya disajikan dengan apik dan matang dalam konser mereka bertajuk KLa Project 25 Years: Grand Klakustik, yang menjadi puncak dari rangkaian perayaan ulang tahun mereka. 

Konser yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (26/11) malam tersebut berhasil menjadi magnet bagi para KLanis (sebutan akrab bagi para pecinta KLa) untuk hadir. Sebelumnya pada Agustus silam,  KLa juga sudah melakukan pertunjukan dengan tajuk KLa Project 25 Years: The Glamorous Electronic Journey.

Ribuan penonton yang rata-rata berusia 25 tahun keatas telah menunggu di Plenary Hall, sontak bertepuk tangan ketika Katon Bagaskara, Romulo ‘Lilo’ Radjadin, dan Adi Adrianmembuka pertujukan mereka dengan menghadirkankan lagu ‘Gerimis’ dengan hanya bermodalkan gitar dan piano. Tirai merah di belakang ketiganya mulai terbuka di pertengahan lagu ‘Lara Melanda’, yang menghadirkan deretan pemain orkestra yang segera mengubah nuansa konser akustik menjadi lebih mewah. Sejak itu berturut-turut mereka menampilkan ‘Kidung Mesra’, ‘Dekadensi’,  ‘Mana Ku Tahu’, dan ‘Prahara’.

"Ini dambaan KLa, setelah 25 tahun kini bisa main musik dengan orkestra," ujar Katon.

Merunut kebelakang pada tahun 1996 lalu,  KLa Project pernah menghadirkan Klakustik, konser akustik pertama mereka. Dengan latar belakang itulah kenapa ketiganya terutama Adi bertekad untuk melanjutkan proyek akustik ini tepat di ulang tahun ke 25 band ini.

Setelah 17 tahun, video kita masih diputar di tempat karaoke, yang paling sebel, rambut saya jelek waktu itu. Jadi dulu sok ngebob, jadi kita harus cepet-cepet bikin KLakustik dua, jadilah ini," canda Adi ketika mengamini pernyataan Lilo bahwa dialah yang paling getol agar acara ini terlaksana.

Konser KLakustik kemarin ini memang terasa sangat akrab, berkali-kali Lilo melontarkan candaan yang membuat ribuan penonton terbahak-bahak. Selain itu, lagu-lagu yang dihadirkan juga membawa emosi tersendiri bagi masing-masing individu yang hadir. Terlihat dengan koor penonton yang mengikuti setiap lagu yang dihadirkan. 

"Kami sangat senang tahu bahwa masih banyak masyarakat yang menyukai karya kami dan datang ke konser ini," ujar Katon Bagaskara.

Memang ini sebuah prestasi bagus, karena sebanyak 80 persen tiket konser mereka tersebut habis hanya dalam waktu dua minggu.

Dalam konser ini, KLa tak lupa memunculkan kejutan bagi penonton yang hadir pada malam itu. Beberapa bintang tamu yang sebelumnya tidak pernah disebut-sebut akan muncul tampil pada malam itu. Angel Pieters yang menyanyikan ‘Kau Pulihkan Luka’, juga kehadiran Tohpati yang mengaransemen ulang dan memainkan gitar diiringi alunan piano BadaiKerispatih’ dan Glenn Fredly yang kompak membawakan lagu ‘Tentang Kita’. Selanjutnya Tata Janeta berduet dengan Lilo lewat ‘Bahagia Tanpamu’.

Total ada sekitar 25 lagu dengan penampilan tak putus selama 2,5 jam pertunjukan KLa tampil sangat all out. Sebut saja, ‘Prahara’, ‘Satu Kayuh Berdua’, ‘Terpurukku Disini’, ‘Belahan Jiwa’, ‘Jiwa Merapuh’, ‘Anak Dara’, ‘Laguku’, ‘Saujana’, ‘Belahan Jiwa’, ‘Menjemput Impian’, ‘Belahan Jiwa’ dan sebagai penutup penampilan mereka kemarin dihantar dengan lagu yang melegenda ‘Jogjakarta’.

Akhirnya, kita memang harus mengakui bahwa konser malam tadi telah memberikan kesan yang mendalam bagi siapa saja yang hadir. KLa telah menunjukkan kualitasnya. Semoga ditahun-tahun mendatang mereka tetap terus eksis dan menghasilkan karya-karya yang berkualitas dengan lirik yang indah. (XPOSE INDONESIA/ Ibonk  Foto: Dudut Suhendra Putra)

More Pictures

Last modified on Wednesday, 27 November 2013 18:13
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...