Setahun I.Ki Mengabdi Untuk Negeri

11 November 2016

Komunitas musisi dan penyanyi lintas genre bernama Indonesia Kita (I.Ki)  merayakan ulang tahun perdana,  tepat di hari pahlawan 10 November 2016 dengan menggelar konser di Bentara Budaya Jakarta. Pimpinan I.Ki Renny Djajoesman  dalam press conference yang digelar sebelum pementasan menyebut, sangat bersyukur dengan kehadiran I.Ki hingga hari ini.

 

“Ternyata, I.Ki sanggup menyerap musisi kawakan di Republik  untuk bergabung. Mereka memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Saya bilang pada teman-teman I.Ki, mari kita berikan sesuatu pada bangsa dan negara ini. I Love You All keluarga saya di I.Ki,” ucap Renny Djajoesman bersemangat.

Dalam usia muda,  sebagai sebuah komunitas musisi dan penyanyi lintas genre, I.Ki telah menampung setidaknya lebih dari 60 orang musisi senior. Dalam acara ulang tahun semalam I.Ki tampil tidak dalam kekuatan penuh, yang hadir hanya sekitar 30 penyanyi dan musisi saja.

Untuk vokalis diwakili Renny Djajoesman, Jelly Tobing, Sylvia Saartje, Mell Shandy,  Ita Purnama Sari, Connie Dio, Bangkit Sanjaya, Berry (Saint Loco), Lady Avisha, Welly  Sket, Trison,  Amiroez, Riffi Putrid, Bonita, Candil Seroius, Damon Koeswoyo, Krishna Prameswara, Ipunk Power Metal, Rama Moektio dan lain-lain.

Konser Ulang tahun yang bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan itu,   adalah bentuk penghormatan  pengurus dan anggota I.Ki kepada  para pahlawan  yang telah berjuang untuk kemerdekaan ini. Konser dibuka dengan nyanyian lagu "Indonesia Raya" dan pembacaan puisi oleh penyanyi Renny Djajoesman. Setelah itu, lagu karya drummer Jelly Tobing, "Indonesia Kita" membuka penampilan para musisi yang tergabung dalam Komunitas Musisi Penyanyi Indonesia Kita.

Panggung kemudian diisi dengan Ita Purnamasari, Amiroez, dan beberapa penyanyi lain yang kompak mengenakan baju bernuansa merah dan putih. Setelah itu, tampil Candil dan Well Willy yang melantunkan lagu "Nusantara", karya legendaris Tonny Koeswoyo untuk  kelompok Koes Plus.

Kolaborasi pun berganti. Kali ini giliran Renny Djajoesman dan Sylvia Saartje menyanyi diiringi duo gitaris Donny Suhendra dan Mahir Blues.  Kolaborasi kemudian berpindah lagi pada dalam lagu "Kita Adalah Satu"yang  diciptakan Sylvia dan mantan vokalis Elpamas, Amiroez. Dilanjutkan dengan penampilan Amiroez dan Bangkit Sanjaya yang membawakan lagu "Indonesiaku" karya Irish Riswoyo

Ada kesan kuat, durasi pentas yang hanya 1,5 jam untuk pertunjukan malam itu, membuat para musisi yang jumlahnya banyak sengaja dimunculkan  dalam formasi kolaburasi. “Bisa nggak cukup waktunya,  kalau para penyanyi tampil secara solo!” ujar Renny di akhir acara.

Dalam usia setahun, I.Ki memang terlihat sangat solid. Mereka  banyak  bergerak menggelar show seperti konser “Bela Negara” di Batu Malang, dan  konser  kemerdekaan RI  di Mapoda Jatim, Surabaya.

Di luar itu, I.Ki  juga mengisi pentas I Like Monday di Hard Rock Cafe.  Pentas itu dibuat untuk mengapresiasi karya musisi senior antara lain; Gomloh, Iwan Fals, Titiek Puspa dan Koes Plus.

Selain berkiprah di panggung dan rekaman musik, I.Ki pun bergerak di kegiatan sosial. Mereka pernah berpartisipasi untuk bencana alam di Garut, dan memberi santunan kepada sejumlah musisi dan wartawan yang sakit. Terasa benar, komunitas ini tumbuh menjadi besar bukan semata untuk urusan musik, yang sekilas terkesan hura-hura, tapi juga punya empati dan kepedulian sosial  yang tinggi kepada masyarakat sekitar. Salut! XPOSEINDONESIA/NS Foto: Dudut Suhendra Putra

More Pictures

Last modified on Friday, 11 November 2016 16:50
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...