1.603 Peserta Kirab Budaya Meriahkan Monas

09 December 2013

Mengenakan  kostum Betawi gaya lama berwana hitam,  dengan selempang merah berharis putih, dan berkupiah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama melepas 1.603 peserta Kirab Budaya sebagai puncak acara Festival Keraton Sedunia atau World Royal Heritage Festival  yang diadakan 5--8 Desember 2013 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta. 

Sebelumnya  melepas kirab,  kedua pemimpin DKI itu melakukan pukulan kentongan bambu.Para peserta Kirab Budaya terdiri dari 28 kelompok  yang  menggunakan kereta kencana berasal dari banyak daerah di Tanah Air seperti;  Siladendeng Lombok,  Alam Melayu Minagkabau, Kasunanan Surakarta, Kepangeranan Gebang Kinatar dan Kesultanan Pamekasan.  Di tengah itu muncul pula peserta kerajaan internasional, antara lain dari Kerajaan Inggris,  Skotlandia dan Kerajaan Islam Brunei.

Para peserta itu,  berkeliling  Monas dimulai dari Medan Merdeka Utara dan akan kembali lagi ke Monas melalui Medan Merdeka Selatan.Acara Festival Keraton Sedunia ini sudah dimulai sejak 5 Desember, dan  masyarakat  Jakarta bisa melihat pameran barang keraton di Diorama Monas sekaligus menikmati pameran Kereta Kencana dari berbagai kerajaan di Indonesia.

Bersamaan dengan dilepasnya peserta Kirab Budaya,  maka kedua pameran tersebut resmi  pula ditutup, karena baik perlengkapan maupun kereta kencana yang dipamerkan akan digunakan berkeliling Monas. (XPOSEINDONESIA/Muhamad Ihsan/Ibonk)

 

 

Last modified on Tuesday, 10 December 2013 12:59
Login to post comments