AFI 2013 Dengan Perspektif Baru

18 October 2013

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk kedua kalinya menyelenggarakan Apresiasi Film Nasional (AFI). Kegiatan ini  merupakan ajang pemberian penghargaan terhadap karya film beserta seluruh aspeknya, dengan mengacu pada nilai-nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa. 

 

Direktur Jendral Kebudayaan Kacung Marijan menyebut : “Industri film  kita  berkembang  seiring meningkatnya  tuntutan terhadap kualitas dan kuantitas. Kemendikbud  jelas mendorong  film film serupa ini, terutama yang berkarakter Indonesia. Sehingga ke depan, film  tidak hanya menjadi tontonan,  tapi  juga tuntunan,  tidak hanya untuk mengisi  kebutuhan di tanah air, tapi juga bersaing  dengan film-film di negara lain.” 

Kemendikubud telah mendisain  AFI  bukan hanya mengapresiasi film sebagai karya, namun  juga memberikan penghargaan khusus  untuk elemen elemen yang sudah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan dunia perfilman nasional. Oleh karena itu Kemendikbud  bekerja sama dengan Tim Ahli yang terdiri praktisi pendidikan, kebudayaan, perfilman dan komunikasi. Telah disusun 18 kategori (sebagian besar kategori  belum ada di ajang festival film manapun).

Ketua Tim Ahli AFI, Ichwan Persada mengatakan “ Dari 18  kategori tersebut, terdapat 7 Kategori Utama yang keseluruhannya akan menilai film sebagai karya utuh. Artinya pada kategori tersebut, Dewan Juri tidak melakukan penilaian terhada komponen-komponen  yang  bersifat teknis, seperti pemeran, penyutradaraan, penyuntingan dan sebagainya. Sebaliknya, film dinilai sebagai karya budaya yang berkualitas, digarap  dengan baik dan memiliki pesan positif yang dapat menginspirasi.”

Yang menarik dari AFI adalah diikutsertakannya 9 kategori Khusus sebagai wujud komitmen Kemendikbud  yang  berfokus  pada pendidikan dan kebudayaan. Disebutkan  oleh Kacung Marijan, “AFI  merupakan ajang penghargaan yang sarat misi  pembinaan dan pendidikan. Untuk itu, AFI  juga akan memberikan apresiasi  kepada lembaga pendidikan dan  film-film independen karya pelajar dan mahasiswa, agar generasi muda terus terpacu untuk berkarya menciptakan sesuatu yang positif  bagi masyarakat.”

Dewan Juri AFI 2013 telah dibentuk. Diketuai Totot Indrarto, dengan anggota Mathias Muchus, Erwin Arnada, Nirwan Dewanto, Jajang C Noer, Dana Riza, Linda Christanty, Hafiz Rancajale  dan Wahyu Aditya. Dari tangan mereka inilah diharapkan akan muncul perspektif baru  dalam khasanah perfilman Indonesia yang sesungguhnya.  (XPOSEINDONESIA NS – FOTO Yuri Rahadian)

More pictures :

Last modified on Friday, 18 October 2013 15:44
Login to post comments

Film

June 13, 2020 0

FTV Suara Hati Istri, Undang Wartawan Jadi Penulis Cerita 

Sejak ditayangkan di Indosiar pada 12 Oktober 2019,...
April 29, 2020 0

#KawanSinema Putar  Empat Film  Pendek Berdonasi  

Sejak pemerintah Indonesia menganjurkan untuk bekerja dari...
February 27, 2020 0

Formula Pictures rilis DVD Film Original terbaru “Shaun The Sheep Farmageddon”

California Fried Chicken (CFC) dan Formula Pictures...
December 17, 2019 0

Pafindo Launching Reality Show "Mitos" & Film "Ratu Kuntilanak"

Rumah produksi Bag Pictures yang dimiliki oleh organisasi...