Print this page

Ria Irawan Menggarap 5 Sutradara, 5 Genre!

11 February 2014
Ria Irawan Menggarap 5 Sutradara, 5 Genre!

Ria Irawan dan Firebird Films akan menghadirkan film baru bertajuk “Gila & Jiwa”.  Uniknya, film ini disutradarai  5 orang  dengan 5 genre (drama, horor, musikal, action dan komedi) dalam satu cerita.  “Tapi ini bukan film omnibus! Ini sebuah cita rasa baru dalam perfilman Indonesia,” jelas Ria Irawan dalam press conference di  Hard Rock Cafe, Sudirman, Jakarta pada 10/01/2014.

Kenapa  tidak disebut omnibus? Ria beralasan bahwa film itu merupakan satu cerita yang sama: tentang persahabatan antara gelandangan yang dianggap gila dengan seorang anak dari keluarga mapan. Namun merasa kesepian dan punya obsesi sebagai film maker. Sang anak mapan kemudian terinspirasi membuat film dari ocehan sang gelandangan yang inspiratif

Ria  bertindak sebagai produser, sutradara, pembuat cerita, penulis skenario film sekaligus pemain ini, menyebut film  dengan lima genre ini lahir karena terinspirasi dari lagu “Ssst...” milik Sore Band.   Bukan cuma itu,  sejumlah lagu Sore Band  yang lain pun mengisi film ini, dan masing-masing  lagu akan mewakili genre film.  Lagu tersebut adalah lagu “Ssst...” mewakili  plot drama sekaligus akan menjadi soundtrack film,  lagu “Mati Suri di Taman” mewakili genre horor,  lagu  “Aku & Merintih Perih” mewakili genre musikal, lagu “Karolina” menjadi backgroubd action, sementara lagu ”Lihat” menghiasi genre komedi.

Lebih unik lagi, mereka yang dipercaya sebagai sutradara merupakan orang  terkenal namun sama sekali belum pernah berperan sebagai sutradara. Mereka adalah, Afgan Syah Reza, Julia Perez, Aming dan Ade Paloh (Sore Band). Pemilihan nama nama sutradara itu bukan tanpa pertimbangan. Menurut Ria,  mereka digandeng karena pernah terlibat  dalam produksi box office Indonesia. “Dan saya  melihat mereka punya potensi lebih!” jelas Ria Irawan.

Julia Perez  yang mendapat kesempatan emas menggarap drama action, mengaku merasa tertantang dengan pekerjaan ini. Tapi jujur diakuinya, “Waku pertama kali  ditawarin Ria,  saya kaget sekali. Tapi juga tertantang. Kalau Ria Irawan percaya saya bisa melakukannya, kenapa saya tidak?!”

Sementara Aming siap memberikan cerita satir dengan isu-isu yang dekat dengan kegiatan manusia sehari-hari. "Lebih ke komedi satir, ada isu gender, isu identitas juga," katanya singkat.

 “Gila & Jiwa” akan dibintangi sejumlah film tenar berkualitas Piala Citra, namun masing-masing sutradara masih merahasiakan nama-nama pemainnya. Film yang dibuat dalam rangka menyambut 40 Tahun berkarirnya Ria Irawan di dunia seni peran ini akan di-launching  pada 2015 dan dijanjikan akan diikutsertakan dalam festival film diluar negeri . XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan


More Pictures

Last modified on Tuesday, 11 February 2014 19:36
XPOSE INDONESIA
Login to post comments