Jendral Soedirman Siap Syuting

22 January 2015

Sutradara muda Viva Westi memimpian bisa memfilmkan pahlawan besar Jendral Soedirman. Untuk mewujudkan ide ini ternyata tidak mudah. Westi harus bergerilya dalam menemukan production house (PH), agar mendapat sokongan dana.

“Suatu hari saya datang ke PH besar, eh produsernya bilang: ‘Jenderal Soedirman nggak punya love story. Apa untungnya bikin film yang ceritanya lebih banyak perang,” kata Westi di Balai Soedirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (20/1).

Westi tak terima dengan pertanyaan tersebut. Ia balik menyampaikan pernyataan yang menampar untuk sang produser. “Ketika dia (Jenderal Soedirman) perang, dia nggak tanya apa untungnya dia berperang?”

Menurut Westi film yang akan digarapnya memang tidak menggambarkan percintaan. Meski begitu, bukan berarti tak ada unsur cinta. Contohnya, “dalam keadaan hanya punya satu paru-paru, dia bergerilya selama tujuh bulan. Ini love story  Jenderal Soedirman, mencintai tanah air. Nantinya, penonton  film ini akan lebih  jatuh cinta pada Indonesia seusai nonton film ini,” ujar Westi.

Didukung TNI Angkatan Darat.

Kini, Westi bisa bernafas agak lega, soal danasudah terpecahkan, karena ia mendapat dukungan TNI Angkatan Darat. “Jenderal Soedirman telah memilih siapa yang membiayai filmnya. Mabes Angkatan Darat yang biayai ini semua,” kata Westi.

Wanita kelahiran Papua itu awalnya dipertemukan dengan Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Kiki Syahnakri. Dan mendapatkan sambutan baik. Kiki mendukung niatan Westi dan mau menyumbang dana.

Tak sampai situ, Kiki pun membuka jalan kepada Westi untuk mendapat dana yang lebih besar dari Markas Besar Angkatan Darat melalui Yayasan Kartika Eka Paski.

“Biaya produksi film ini tidak terbatas. Berapa yang diminta produser dan sutradara akan kita siapkan.” kata WaKasad TNI Letnan Jenderal Munir dalam syukuran produksi film “Jendral Soedirman “

Tidak hanya sokongan dana, Westi pun bisa mengakses senjata juga mendapatkan lokasi shooting di hutan milik TNI Angkatan Darat.

Namun menjelang waktu syuting film, Westi kembali mendapatkan hambatan. Satu lokasi yakni Istana Agung di Yogyakarta, belum memberikan izin untuk lokasi syuting. Padahal,  tempat ini bakal membuka dan menutup adegan film. “Di situ ada adegan Jenderal Soedirman memeluk Bung Karno dan berkata: ‘ayo kita bergerilya,” terang Westi.

Film "Jenderal Soedirman" akan dibintangi Adipati Dolken, Mathias Muchus, Ibnu Jamil dan Baim Wong. Proses syuting akan mulai dilakukan pada 25 Januari 2015. Pengambilan gambar akan berlangsung selama sebulan di Magelang, Yogyakarta, Situ Lembang dan Bandung. XPOEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra Putra


More Pictures

 

Last modified on Thursday, 22 January 2015 16:13
Login to post comments