“Epen Cupen” Menuju ke Layar Lebar

07 January 2015

Kenalkah Anda dengan “Epen Cupen”? Jika belum bukalah Youtube, carilah “Epen Cupen”. Anda akan menemukan acara sketsa Mop Papua yang dibuat oleh anak anak Merauke dalam wadah Papua Selatan Film Community.

 

Maka, dalam sketsa itu muncul beberapa pemain dengan  warna kulit dan logat  khas Papua.  Di sana ada Celo. Ia digambarkan sebagai pria lugu dengan  dialeg kedaerahan yang menonjol.  Tingkahnya polos tanpa dilebih-lebihkan membuat penonton tersenyum bahkan tertawa terbahak-bahak melihat tingkahnya. Video komedi segar dan menggelitik ini menghimpun ratusan penonton. Beberapa episode-nya sudah di veiw lebih dari 700  bahkan 800 ribu kali.

“Komedi  dalam Epen Cupen sangat mengandalkan keluguan yang apa adanya tanpa dilebih-lebihkan. Itu bedanya dengan komedian Ibukota. Mereka punya style khusus. Keluguan. Ketika mereka serius malah kita ketawa,”  Irham Acho Bahtiar, pencipta ‘Epen Cupen’  menerangkan, dalam  acara selametan film ‘Double Trouble’, di kantor Rapi Films, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2015).  Film baru ini  akan digarap dengan mengadaptasi “Epen Cupen” 

Ya, karena sukses penayangan video di youtube, Rapi Films kemudian tertarik mengadaptasi serial itu ke dalam format film yang diberi tajuk  “Double Trouble”

Irham Acho Bahtiar, yang akan bertindak sebagai sutradara  dalam film “Double Trouble” ini menyebut  alur film  akan dibuat berbeda dari serialnya. Dalam film akan memuat unsur laga.
“Kenapa action? Biar beda 180 deraat dengan di YouTube. Pemainnya memang yang asli, tapi ceritanya berbeda jauh,”  ungkap Irham Acho Bahtiar

Irham akan menggarap film ini  dengan mengambil inspirasi dari film ‘Kungfu Hustle’. “Ini akan menjadi film action komedi serius. Komedinya memanfaatkan situasi. Jadi bukan sekedar banyolan. Seperti "Kungfu Hustle". Komedi  yang digunakan juga yang cerdas. Makanya saya libatkan pemain stand up comedy,” ungkap sutradara yang pernah menyutradarai film ‘Lost in Papua’ itu.

“Double Trouble” berkisah  tentang seorang pemuda Papua bernama Celo yang diutus sang bapak,  untuk mencari saudara kembarnya yang hilang dan dikabarkan berada  di Jakarta. Celo pun bergegas menuju Ibu Kota.  

Di tengah perjalanan ia menemui banyak masalah yang membawanya berkenalan dengan pengusaha Batak yang bangkrut. Dan ini membuat masalah keduanya bertambah pelik. Celo  berhasil menemui kembarannya yang di luar dugaan, ternyata seorang kepala gangster berbahaya.

Selain Celo, film ini  menampilkan Babe Cabita (stand up comedian)  sebagai pemeran utama. Hadir juga Marissa Nasution, Edward Gunawan, Desta, Temon, Pierre Gruno, Fadly Jackson, Klemens Awi,  Nato Deko, Fico, Uus, David dan Abdur.  Rencananya, film ini akan tayang di bioskop pada April 2015. XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra.

Last modified on Wednesday, 07 January 2015 11:29
Login to post comments