“Awal Semula” dari Noah untuk Fans

12 November 2013
Noah saat Gala Premier Film "Asal Semula" di Episentrum Kuningan, Jakarta Noah saat Gala Premier Film "Asal Semula" di Episentrum Kuningan, Jakarta Dudut Suhendra Putra

 

Kelompok band Noah menjadi salah satu band di Indonesia yang paling sering “memanjakan” fans fanatiknya.  Mereka selalu bisa mengemas segala sesuatu yang pasti akan dilahap habis fans fanatik.

Setelah “memanjakan” fans lewat peluncuran buku bertajuk “6.903” September lalu, Noah kembali “menyambangi  penggagumnya dengan meluncurkan film dokumenter bertajuk “Awal Semula”. 

Gala Premier film itu dilakukan di  XXI Epicentrum, Kuningan, 11/11/13. Film yang disutradarai Putrama Tuta ini merupakan hasil kerja sama dari 700 Pictures, Berlian Entertainment dan Musica Studio.

“’Awal Semula’ menceritakan tentang sebuah band yang  pernah jatuh, dan kemudian mereka percaya, bisa balik lagi,” ungkap Rama Datau, Excecutif Produser film ini,  sesaat sebelum film diputar. “Ada pesan bagus dalam film ini, yakni betapapun  kita mengalami kegagalan, jika kita mau berusaha, kita pasti bisa berhasil lagi!” tambahnya.

Sementara itu, sang sutradara  Putrama Tuta, menambahkan, "Saya senang bisa membawa rasa baru ke dunia Film Indonesia. Sebuah film tentang musik dalam bentuk dan warna yang berbeda", katanya

Membuka Kotak Data 

“Awal Semula” berkisah tentang kebangkitan Noah dari keterpurukan yang menimpa band yang dulunya bernama Peterpan. Dan pastilah di dalamnya termuat  pula cerita di balik keputusan bubarnya Peterpan, juga suasana ketika band terpaksa vakum lantaran Ariel menjalani masa hukuman. 

Ibarat kata, lewat film ini  Noah seperti membuka kotak data  yang menyimpan puluhan pertanyaan masyarakat  dan belum pernah diungkap  ke media. Dan Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David pun mendapat porsi berkisah di depan kamera dengan sudut cerita yang saling menguatkan. Tentang kegelisahan, tentang  impian mereka di dunia musik bersama Peterpan juga kemudian Noah.

Karena “Awal Semula” merupakan film dokumenter, tak ada cerita “sampingan”, yang menjadi benang merah, seperti yang kita temukan dalam film dari Metallica bertajuk “Through The Never", misalnya. Mereka hanya mengemas kliping beragam video dan meramunya menjadi sebuah cerita. Bisa diduga, persoalan di dalam band sendiri, sudah dianggap sebagai cerita yang kuat.

Dokumentasi Cermat & Menyentuh

Pengambilan gambar saat mewawancarai para personil  dilakukan dalam beragam gaya. Ada yang terkesan puitis, seperti ketika mengambil wawancara Lukman di tengah keremangan malam sambil merokok. Juga merekam adegan menyentuh yang ditunjukan Uki saat bicara dengan anaknya melalui video calls. 

Lukman sendiri menyebut proses penggarapan film ini tidak membuatnya seperti tengah berakting "Jadi nggak capek," kata Lukman saat peluncuran film. Ia juga tidak sadar, kalau adegan wawancara yang dilakukan di tengah malam, di kawasan Pantai Losariitu  masuk menjadi  bagian film. 

Pemilihan dokumentasi video  untuk menunjang keutuhan film ini terasa cermat. Ini bisa dilihat pada saat film membuka dokumentasi memperlihatkan David sakit, baik di rumah sakit maupun  dalam perjalanan show. 

Sementara itu, terdapat data istimewa dan langka yang ditunjukan  oleh sang Jendral sekaligus vokalis utama, Ariel. Pertama,  dokumentasi gambar ketika ia mengumpulkan para napi bernyanyi dan direkam di kebun Waru.  Kedua, ketika  ia  terkurung di kamar hotel karena mendengar adanya penolakan show Noah di suatu kota. Saat menyaksikan Ariel tercenung, situasi penonton yang menyikmak film menjadi cair,  soalnya dari kamar Ariel itu terdengar musik Melayu sedang diputar. Ketiga, tentu saat Ariel menggendong, Alea, puterinya.  

Di luar kecermatan memilih potongan dokumentasi video, sebagai sebuah film utuh “Awal Semula” sebetulnya masih bisa di-upgrade dengan lebih menyentuh. Baik dari  sisi alur, outline, editing. Biar film terasa tidak hanya sekadar rangkuman dokumentasi video.

Lepas dari soal itu, mulai 14 November 2013,  “Awal Semula” bisa disimak di bioskop di seluruh Indonesia. “Ada rencana film ini juga akan di bawa ke Hongkong pada Desember mendatang,” ujar Indrawati Widjaja, Direktur PT Musica Studio.  

Bagi fans fanatik Noah, “Awal Semula” menjadi peluang untuk lebih lebih dekat dan lebih intim dengan Noah, sambil menemukan rekaman gambar mendebarkan dari personil Noah yang jarang ditemukan di tempat lain. (XPOSEINDONESIA/Nini Sunny Foto : Yuri Rahadian, Dudut Suhendra Putra)

Mau tahu bagaimana teaser dari film ini? Simak dalam video di bawah ini :

 

 

 

Media

Teaser Film "Awal Semula" Noah
Last modified on Saturday, 16 November 2013 06:10
Login to post comments

Film

October 31, 2019 0

Iflix Luncurkan Serial Horor ‘Kisah Tanah Jawa: Merapi’

Iflix, layanan hiburan terkemuka di Asia Tenggara, dengan...
October 9, 2019 0

“Ku Tak Percaya Kamu Mati : Horor Untuk Semua Umur”

Di Indonesia, film horror kerap berpeluang meraup jutaan...
October 2, 2019 0

‘Inem Pelayan Sexy’ (New) Munculkan Anak Doris Callebaute : Jelita!

Kepopuleran film “Inem Pelayan Sexy” dibuat ulang (remake)...
September 19, 2019 0

Lola Amaria Garap Kegigihan Atlet Panjat Tebing dalam 6,9 Detik

Lola Amaria merilis film terbaru. Judulnya 6,9 Detik,...