Sebuah Lagu Untuk Tuhan

27 October 2015

Rumah Produksi Film One Production merilis film remaja  yang sangat menyentuh berjudul "Sebuah Lagu Untuk Tuhan" (SLUT). Film  ini diangkat dari novel karya Agnes Danovar  dan menjadi produksi film kedua bagi  One Production.  Sebelumnya mereka sukses merilis film My "My Idiot Brother" (2014).

SLUT disutradarai Alyandra, yang juga menyutradarai "My Idiot Brother". SLUT  berkisah tentang gadis tuna rungu  yang manis bernama Angel (diperankan oleh Eriska Rein).

Kisah dibuka, ketika Angel  tanpa sengaja bertemu Gilang, (Stefan William) seorang penyanyi yang sedang galau  dan mengindar dari gemerlap dunia tarik suara karena kasus korupsi yang dilaukan ayahnya.

Pertemuan sebentar dan tak sengaja itu memunculkan semangat bagi Gilang untuk kembali berkarya. Ini lantaran ia menemukan catatan Angel yang tertukar dengan Album CD  miliknya  ketika  mereka bertabrakan.

Ketika keduanya bertemu lagi, pelan-pelan perasaan mereka  saling bertaut. Mereka  menjadi pasangan yang saling menyemangati satu sama lain. Namun di tengah mereka muncul sosok  Agnes  yang memang selalu membayang-bayangi  hidup Angel dan selalu dan bertingkah menyebalkan. 

Kisah  cinta Angel dan Gilang berubah pedih ketika Angel divonis mengidap penyakit kanker. Angel memutuskan untuk tidak memberitahukan kepada Gilang atas kondisi penyakitnya tersebut. Gilang yang baru belakangan tahu berusaha untuk kembali memberikan semangat dan kehidupan bagi Angel.

Film  dengan setting kehidupan anak SMA ini menarik. Pertama,  karena  SLUT secara khusus  dibuat  agar bisa dinimati oleh mereka yang memiliki keterbatasan  pendengaran.  Tengok misal, pada layar  sepanjang film berjalan disajikan  teks dalam bahasa Indonesia yang memperlihatkan percakapan dan suasana hati para pemerannya. 

“Ini  belum pernah dibuat  dalam film Indonesia sebelumnya. Ada 8 juta penderita bisu tuli yang selama ini  tidak  bisa mendapatkan hiburan  secara lengkap,” kata Dewi Yull, salah satu pemeran yang ebetulan memiliki dua anak  yang memiliki ketrbatasan yang sama

“Biasanya mereka menonton dengan didampingi keluarga untuk memahami  jalan cerita.  Tapi di sini, mereka bisa  menikmati secara utuh film yang berjalan di layar.” katanya lagi.

Eriska dan Nina Bersaing Cemerlang

Ada dua nama yang bermain cemerlang di film ini. Yakni Eriska  dan Nina Zatulini. Eriska  bermain  sangat  natural sebagai gadis penyandang tuna rungu yang lembut dan baik.  Aktingnya sepanjang film dan saat menggunakan  bahasa isyarat terlihat  mulus tanpa cacat.

Nina Zatulini  berperan antagonis. Ia muncul sebagai tokoh  jahat dan licik, dengan  gaya  yang kalem dan tidak meledak-ledak, seperti kebanyakan tokoh antagonis. Perannya  menjadi  sosok antagonis  terasa  sangat menyebalkan.

Sementara sosok Stefan William terkesan masih  kaku. Belum terlihat debar cinta yang dalam  pada  matanya, terutama  saat beradu akting dengan kekasihnya, Eriska.  Di mata pnonton remaja, kekurangann peran Stefan William terselamatkan hanya karena sosok tampannya menjadi penghias layar  yang menyenangkan mata sepanjang film berjalan.

Film ini punya kekuatan  lain, yakni munculnya lagu Sekali Ini Saja  karya Glenn Fredly sebagai  original soundtrack.  Lagu ini pertama kali diprdengarkan  Glenn  pada umum lewat   album "Selamat Pagi Dunia" tahun 2002.

Selain Eriska  Stefan, Nina pelakon lain yang turut memperkuat film ini adalah  Gigi Chibie, Adila Fitri dan  Dewi Yull. Film SLUT akan mulai rilis di bioskop pada akhir  Oktober 2015.

More Pictures

Last modified on Tuesday, 27 October 2015 19:05
Login to post comments

Film

April 13, 2019 0

Pocong The Origin  Horor di tengah Keluarga 

Film   terbaru Monty Tiwa, Pocong The Origin, menyajikan...
April 2, 2019 0

Film Mantan Manten : Belajar Ikhlas dari Yasnina

Visinema Pictures dengan sutradara Farishad Latujuba  dan...
February 13, 2019 0

Film 11:11 Apa Yang Kau Lihat? Horor Dari Kedalaman Laut

Galih adalah seorang mahasiswa arkeologi yang suka diving...
January 28, 2019 0

Terlalu Tampan : Segar dan Berisi Untuk Remaja

Ini film drama remaja, kocak, rada receh namun memuat...