Battle of Surabaya Menggandeng Disney

19 August 2015

Setelah tiga tahun menunggu, film “Battle of Surabaya “ yang  berbiaya 15 miliar itu akhirnya dirilis untuk media dan undangan khusus di bioskop XXI Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/8). Dan akan tayang diseluruh bioskop se Indonesia mulai 20 Agustus 2015.

"Agar bisa ditayangkan di bioskop seluruh dunia, film ini harus dibuat dengan bahasa internasional yaitu Inggris. Kami sedang proses membuat “Battle Of Surabaya” dalam versi bahasa Inggris," ujar Aryanto Yuniawan dalam konferensi pers film ini di Jakarta, Selasa (18/8).

Film animasi 2 D "Battle of Surabaya"  diproduksi  MSV Pictures dan Amikom Yogyakarta ini sesungguhnya sudah dirancang sejak 2012 di tangan Aryanto Yuniwan.

Film ini mengambil cerita  dengan mengadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, dan memberi tambahan fiksi di dalamnya. Adalah Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia.

Selain membawa surat rahasia,  Musa  (diisi suara oleh Ian Saybani ) juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya Yumna (Maudy Ayunda) dan Danu (Reza Rahadian), Musa mengalami petualangan hebat hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya.

Aryanto mengaku bangga Disney Pictures ikut menjadi bagian dalam pendistribusian film ini ke dunia luar. Menurut Aryanto, Disney tertarik bekerja sama karena ingin mengembangkan animasi di kawasan Asia Pasifik.  Dan mengaku sedang kekurangan film animasi yang digarap serius untuk didistribusikan.

Setelah bertukar pikiran dengan Disney, MSV Pictures pun merancang  ulang produksinya,  antara lain  di soal sumber daya manusia (SDM)  juga tehnik penceritaan.  Khusus dalam pencitraan. “Disney memberi saran agar cerita digarap lebih universal dan dibumbui plot-plot ala Hollywood,” lanjut Aryanto.

Khusus dalam hal mematangan cerita, produser "Battle of Surabaya", M. Suyanto,  bahkan sampai mengirim Aryanto dan beberapa kreator untuk  mengikuti kelas penulisan skenario film blockbuster, agar setelah kembali mereka siap memproduksi film dengan kualitas dunia.

“Pasar film Indonesia memang penting, tapi kecil. Kami berusaha membesarkan nama Indonesia dengan membawa film ini ke dunia. Salah satu caranya dengan membuat film dengan pola dan bahasa yang dimengerti dunia,” kata Suyanto.

“Battle of Surabaya adalah film dengan formula Hollywood versi kami. Mungkin agak terasa asing, namun semoga masih banyak yang bisa menikmati,” ujar Aryanto. XPOSEINDONESIA/NS foto : Dok.

More Pictures

Last modified on Monday, 05 October 2015 18:42
Login to post comments

Film

August 26, 2020 0

“Kalis”  Mini Seri Dewasa Tayang di STRO 

STRO  layanan streaming asli Indonesia yang berbasis Video...
August 4, 2020 0

Pafindo Rayakan Ultah Ke 4 dengan Banyak Karya

Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo), merayakan...
June 13, 2020 0

FTV Suara Hati Istri, Undang Wartawan Jadi Penulis Cerita 

Sejak ditayangkan di Indosiar pada 12 Oktober 2019,...
April 29, 2020 0

#KawanSinema Putar  Empat Film  Pendek Berdonasi  

Sejak pemerintah Indonesia menganjurkan untuk bekerja dari...