Ayu Azhari Berbagi Panggung dengan Anak

23 September 2019

Lama tak  terlihat berperan dalam film, Ayu Azhari  sesungguhnya tidak betul-betul meninggalkan dunia hiburan.

Artis film bernama lengkap Khadijah Azhari itu (49) terlihat malah lebih banyak berkarir sebagai penyanyi sekaligus penari. Profesi ini bahkan membawanya ke luar negeri.  “Saya ikut mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia dalam Indonesia Weekend di Potters Fields Park London, pada 7 dan 8 September lalu,” kata Ayu, Ibu enam anak dari tiga perkawinan itu

Ayu merasa bersyukur  dapat kesempatan mengisi acara di Panggung Wonderfull Indonesia, “Karena menyenangkan, bisa   menghibur masyarakat Indonesia dan orang Inggris. Saya mengajak mereka berdendang dengan lagu dan musik tradisional Indonesia," kata Ayu yang terlihat berperan sebagai Mbak Priya dalam film “Aruna & Lidahnya” (2018).

Ketika berkesempatan menyanyi, biasanya Ayu membawakan lagu dangdut.  Ayu mengaku senang ternyata pengunjung menyukai lagu “Mawar Merah”.  "Orang Inggris, saya lihat  cukup mengenal musik dangdut. Sehingga mereka mau ikut bergoyang. Bagi saya,  itu sambutan yang luar biasa," kata Ayu yang didukung oleh PT Telkom Indonesia.

Biasanya,  Ayu membawakan sekitar  tujuh lagu. Ketika saat jeda berganti pakaian, Sean Azhari putranya, mengantikannya  dengan membawakan musik rap. "Biasanya saat ganti pakaian, butuh 3 - 4 menit. Supaya panggung tidak kosong, biasanya Sean muncul. Dia ngerap, suasana bisa lebih heboh," ucap Ayu menyebut bakat anaknya di dunia menyanyi. 

Saat tampil di Inggris, Ayu juga menunjukan bakatnya menari Burung  Enggang, tarian khas Kalimantan Timur. Ayu tampil dengan busana khas dayak di iringi musik etnik. 

"Selama menari, penonton hening. Mereka menarik nafas, terkesima dengan keindahan dan terbuai musik etnik Kalimantan. Saya gembira sekali," kata peraih piala Aktris Terbaik dalam Festival Film Asia Pasifik, lewat film Telegram (2001).

Sebagai background informasi, sebelum menari  biasanya  Ayu memaparkan secara ringkas makna tarian Burung  Enggang.   “Tarian ini  mencermin sikap seorang pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab. Seorang pemimpin yang tangguh. Yang lebih penting tari Enggang mengambarkan kesetian pada pasangan,” kata Ayu 

Ayu mengaku sangat bahagia, jika  penonton terhibur dengan tariannya. "Ada yang melempar koin di panggung. Dia bilang itu koin keberuntungan. Cukup banyak, saya hanya ambil satu untuk di simpan." ujar Ayu sambil menyebut tarian itu selalu muncul dalam upacara adat Suku Dayak Kenyah.

Menurut Ayu,  dalam Panggung Wonderfull Indonesia di Inggris  itu  diperlihatkan pula sejumlah makanan khas Indonesia.  Dari gado-gado hingga rendang. “Ini memang ajang promosi budaya dan kuliner Indonesia untuk mempromosikan branding Indonesia di pasar Eropa!” tuturnya.

Menurut pengamatan Ayu, restoran Indonesia di Inggris hanya ada di dua tempat,  sementara pengemar masakan Indonesia sangat banyak. "Kementerian Parawisata mungkin perlu lebih banyak melakukan promosi, restoran Indonesia berpotensi untuk berkembang," saran Ayu. XPOSEINDONESIA- Foto Dok. Ayu Azhari

More Pictures

 

Last modified on Monday, 23 September 2019 18:09
Login to post comments