HUT Chrisye ke 70 Diapresiasi Google

16 September 2019

Hari ini, 16 September 2019,  setiap orang yang membuka halaman pertama dari mesin pencarian Google, akan segera melihat coretan (doodle) bergambar almarhum Chrisye. 

Ya, hari ini bertepatan dengan tanggal lahir Chrisye ke 70, Google memberikan penghargaan  kepada Chrisye dengan menempatkan  gambar menyerupai wajahnya  sepanjang 24 jam  di halaman pertama mereka.  

Sepanjang sejarah, Google Indonesia,  terlihat belum banyak nama tokoh  yang ditempatkan seperti ini.  Dan Google hanya membuat Doodle ketika bertepatan dengan momen tertentu. Sebagian kecil tokoh yang pernah muncul sebagai doodle di antaranya adalah RA Kartini (21/04), Ki Hajar Dewantara (2/5/2015), Dewi Sartika (4/12/2016), Samaun Samadikun (15/4/2016), Pramudya Ananta Toer (6/02/2017), Bagong Kusudiarjo (9/10/2017) .

Khusus Doodle  Chrisye yang menayang di hari  ultahnya yang ke 70 ini, Chrisye digambarkan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan menenteng gitar. Dengan latar gelap, tulisan "google" terlihat rangkaian pijar lilin-lilin kecil yang menyala.  Gambar yang dibuat seniman Yogya bernama Antares Hasanbasri ini, mengingatkan kita pada keterkenalan pertama Chrisye secara nasional, saat membawakan lagu "Lilin-lilin Kecil" karya James F Sundah.

Perayaan HUT Khusus Chrisye

Damayati Noor isteri  Chrisye menyebut Google telah menghubungi mereka untuk  Google Doodle  ini  sejak akhir tahun 2018.  

“Pertama mereka menghubungi Risty (anak kedua Chrisye, Red). Kemudian kita diundang ke kantor Google untuk mendengarkan penjelasan, bahwa Google Indonesia ternyata sudah mengajukan wacana  pemuatan Googe Doodle Chrisye ini ke head office,  di Amerika sejak  dua tahun lalu!” 

Di tengah meeting itu, masih menurut Damayanti, Google menyebut ada 20 nama tokoh dari Indonesia yang  sudah diajukan,  Namun yang di approved ada 8 nama. “Salah satunya Chrisye. Ini sebagai bentuk apresiasi atas hasil karya Chrisye selama hidupnya. Google tidak memberikan apa-apa dalam bentuk materi!” ujar Yanti.  

“Alhamdulillah masih ada yang memberikan apresiasi sebesar ini. Alhamdulillah akan banyak orang yang menghadiahi Al Fatihah untuk Chrisye hari ini, pas di usianya yang ke 70, semacam celebrating his birthday ala jaman now,” ujar Yanti.

Penggemar fanatik Chrisye, Ferry Mursyidan Baldan mengucap syukur dengan dan terima kasih dengan penempatan Doodle Chrisye ini.  “Pada akhirnya dunia mengapresiasi Chrisye, seorang legenda musik Indonesia,” kata Ferry.

Menurut Ferry, kekuatan Chrisye adalah pada kesederhanaan pribadi dan kedalaman makna lagu-lagunya yang mampu melintasi zaman dan generasi. “Mari kita beri penghormatan dan apresiasi pada para musisi kita, agar mereka konsisten dan bangga dengan profesi mereka yang mampu memuliakan hidup dan kehidupannya!” kata Ferry.

Penyanyi Legenda Bersuara Lembut

Chrisye dilahirkan di Jakarta dengan nama lengkap Christian Rahadi pada 16 September 1949. Ia meninggal dunia akibat kanker paru-paru . Di masa hidupnya, Chrisye dikenal untuk vokalnya yang halus dan gaya panggung yang kaku, Chrisye dianggap salah satu penyanyi Indonesia legendaris. 

Sepanjang karirnya di dunia musik,  ia telah menghasilkan 23 judul album, lima  di antaranya termasuk karyanya dimuat dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik oleh majalah musik Rolling Stone Indonesia

Empat lagunya (“Lilin Lilin Kecil”,  “Merpati Putih”,  “Anak Jalanan”  Merepih Alam” dimuat dalam daftar lagu terbaik oleh majalah yang sama pada tahun 2009. 

Beberapa album  yang dihasilkannnya disertifikasi perak dan emas. Dia menerima dua lifetime achievement award, satu pada tahun 1993 dari BASF Awards dan satu lagi dari stasiun televisi SCTV (2007). 

Pada tahun 2011, Rolling Stone Indonesia mencatat Chrisye sebagai musisi Indonesia terbaik nomor tiga sepanjang masa. XPOSEINDOESIA/NS Foto : Google dan Ibonk

More Pictures

 

Last modified on Monday, 16 September 2019 23:59
Login to post comments