Mark Zuckerberg dari Borobudur, Balai Kota hingga Tanah Abang

14 October 2014

Nama Indonesia, Jokowi, Tanah Abang, dan Borobudur  semakin mendunia via Facebook. Setelah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg datang ke Indonesia dan menulis kegiatannya dalam status di Facebook.

 Posting pertama Mark Zuckerberg tentang Indonesia adalah ketika ia berkunjung ke Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Dan mengunduh foto dirinya tampak punggung dengan pemandangan Borobudur yang cantik  saat matahari baru terbit.

Pada hari itu tanpa diketahui oleh media,  Mark  juga sempat mampir ke Warung Bu Ageng milik seniman Butet Kartaredjasa dan isteri. Foto tentang Mark  yang diambil dari CCTV di warung itu diunggah Butet  ke akun facebooknya    

Kehebohan besar  terjadi ketika keesokan harinya ia bertemu  Presiden  Terpilih Jokowi di Balai Kota  juga di Tanah Abang. Kehadirannya di Tanah Abang, pada Senin pagi, pukul 10.00 WIB itu lantaran Mark meminta diajak blusukan oleh Jokowi, setelah keduanya bertemu di Balaikota. Dan Jokowi pun mengajak Mark blusukan ke Pasar Tanah Abang Blok A.

"Itu permintaan Mark, dia ingin merasakan yang namanya blusukan," kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDh KLN) Heru Budi Hartono, yang juga ikut dalam blusukan bersama Jokowi dan Mark di Balaikota, Senin.

Menurut Heru, pertemuan Mark dengan Jokowi sudah direncanakan sejak empat hari yang lalu.  Namun, saat bertemu pagi tadi di Balai Kota, bos Facebook tersebut baru mengungkapkan keinginannya untuk blusukan bersama Jokowi.

"Tadi Mark mengaku terpukau melihat antusiasme masyarakat yang menyapa presiden terpilih," kata wali kota Jakarta Utara tersebut. Sebelumnya, Jokowi mengajak Mark blusukan di Pasar Tanah Abang Blok A. Keduanya melihat-lihat toko yang ada di dalam pusat grosir pakaian Blok A Tanah Abang termasuk salah satu toko busana anak-anak.

"Ini baju produksi lokal," kata Jokowi menunjukkan salah satu baju anak-anak pada Mark.

"Oh, benarkah? Bagus," kata Mark menimpali.

Selama berada di dalam pasar, Jokowi dan Mark tak henti-hentinya dikerubungi warga. Meski terlihat kebingungan, bos Facebook tersebut tetap ramah tersenyum dan melambaikan tangan pada tiap warga yang mendekatinya.

Warga yang kebetulan berada di Pasar Tanah Abang tidak mengetahui siapa pria berjas serba hitam yang bersama Jokowi. Dan terlihat mukanya berkeringat  karena kepanasan

"Itu Pak Jokowi, satunya lagi saya tidak tahu," kata Marina (34) warga Cideng, Jakarta Barat yang kebetulan ada di sana.

Blusukan Jokowi dan Mark ke Tanah Abang, kata Heru, terkait dengan fungsi Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk UMKM.

Lantas bagaimana  tanggapan Mark atas  blusukan tersebut. Mark kembali menulis via akun  Facebooknya 

"Aku menghabiskan waktu di Jakarta untuk bertemu developers, partners dan pemerintah guna membahas Internet.org.

Pagi ini aku menghabiskan waktu dengan presiden terpilih Joko Widodo dan kami berdiskusi tentang potensi dan tantangan untuk menghubungkan semua orang di Indonesia.

Ia memiliki pandangan yang menarik karena ia melakukan kampanye president dengan Facebook dan internet untuk bisa berkomunikasi secara langsung dengan 250 juta penduduk Indonesia.

Ciri khasnya 'blusukan' adalah kunjungan tiba-tiba untuk bertemu dengan masyarakat Indonesia. Setelah rapat, aku bergabung dengannya untuk mengunjungi pasar Tanah Abang. Itu adalah cara yang hebat untuk berkomunikasi dengan orang secara langsung. Baru-baru ini ia meluncurkan versi online dari e-Blusukan sehingga ia bisa berhubungan dengan masyarakat dengan cara yang sama menembus kepulauan yang ada di Indonesia.

Selama dua hari terakhir, aku bisa bertemu dengan banyak orang di sini dan berbicara dengan mereka tentang bagaimana mereka menggunakan internet. Banyak dari mereka telah menggunakan internet untuk membangun bisnis, memajukan komunitas dan berhubungan dengan orang di seluruh dunia. Jika kita bisa menghubungkan semua orang di Indonesia, keuntungan ini akan terus tumbuh," tulisnya. XPOSEINDONESIA/NS Dari berbagai sumber Foto : ANTARA, Akun Mark Zuckerberg, Akun Butet Kartaredjasa

More Pictures

Last modified on Wednesday, 15 October 2014 07:09
Login to post comments