Kepingan CD  Bekas untuk Meriahkan  HUT RI

05 August 2020

Dalam rangka menyambut  HUT Republik Indonesia ke 75, seorang warga  bernama Empung Purwanto punya ide unik dan langka. Warga Kemandoran Pluis, Grogol Utara Jakarta Selatan  ini, memanfaatkan CD bekas untuk dijadikan dekorasi di  gapura dan sepanjang jalan dekat rumahnya.

Ia mewarnai CD-CD  bekas dengan warna merah putih. Empung menggunakan kompresor untuk mengecat. “Ini pinjam punya teman. Proses ngecatsampai kering bisa makan waktu tiga hari,” kata Empung ( 47 tahun) Selasa (4/8/2020).

Menurut Empung,  awalnya,  CD bekas ini akan dijadikan hiasan  di depan rumahnya  saja. Jumlahnya pun hanya 30 keping.  

“Semua CD itu  sudah rusak dan milik saya pribadi,” ungkap pria  berambut gondrong tersebut 

Tapi belakangan,  Empung terpikir  untuk  memanfaatkan CD itu untuk  hiasan di jalan di kawasan ia tinggal.   

“Apalagi tahun ini kata Pak RT   tidak ada dana untuk dekorasi memeriahkan kampung, karena dana RT  habis untuk ikut penanggulangan  Covid 19,” ucap  Empung. 

Ia pun kemudian berinisiatif untuk menggedor setiap rumah warga di  kawasan  tempat tinggalnya di RT 01 dan RT 02 RW 14 itu untuk menyetor CD rusak.

 “Saya minta  ke teman-teman untuk mau menyumbangkan CD rusak, biar kemudian saya warnai,” kata Empung sambil menyebut, ia  membeli cat  dengan menggunakan uang sendiri.  “Udah habis sekitar empat ratus ribuan deh,” ujarnya.  

Melihat kerjanya yang sungguh serius, belakangan warga mau ikut memberi sumbangan uang untuk membantu membeli cat. 

“Karena ternyata jumlah CD bekas yang terkumpul  menyentuh angka 1000 keping,” ujar Empung  sambil menyebut tahun lalu kampung mereka memanfaatkan Botol Aqua sebagai hiasan HUT RI ke 74.

Bagi Empung,  biar tidak ada  kucuran dana dari RT, asal  warga  kompak, dan  terus  punya semangat, maka perayaan HUT RI ke 75 akan tetap  meriah di kampung  mereka .  XPOSEINDONESIA/ Teks dan Foto : Dudut Suhendra Putra

 More Pictures

 

Last modified on Thursday, 06 August 2020 09:00
Login to post comments