Event (260)

10 July 2020 Published in Event

Upaya mempromosikan potensi geowisata Nusa Tenggara Barat (NTB) terus dilakukan  di tengah Pandemi Covid 19, salah satunya lewat acara virtual Festival Geowisata 2020. 

08 July 2020 Published in Event

Ekosistem startup di tanah air didorong oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) untuk lebih punya daya saing.  Untuk melancarkan  niat tersebut   diluncurkan program bernama Baparekraf for Startup (BEKUP).

07 July 2020 Published in Event

Agustus sebentar lagi akan datang. Dalam rangka menyambut HUT ke 75 RI , Pemerintah secara resmi meluncurkan program "Bulan Kemerdekaan" yang akan menghadirkan serangkaian kegiatan.

18 May 2020 Published in Event

Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia akhirnya bergerak membagikan paket berlabel Forwan Peduli Wartawan (FPW 2020) kepada anggotanya.

17 May 2020 Published in Event

Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) yang baru didirikan di  penghujung 2019 memberi kejutan manis buat  para wartawan hiburan. 

15 May 2020 Published in Event

Ramadan  adalah bulan berkah sekaligus bulan berbagi.  Ini yang dirasakan  penuh oleh Gerakan Peduli Jurnalis. Pada tahap ketiga ini, gerakan 'Peduli Jurnalis' berhasil  menyalurkan paket sembako untuk 100 jurnalis,  yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Corona (Covid-19).

08 May 2020 Published in Event

Tompi dan Ridho 'Slank' bakal menjadi dosen dan mengisi materi kuliah musik online  (KMO) dalam kegiatan "Ngamen dari Rumah" yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Institut Musik Jalanan (IMJ). 

Mohammad Amin,  Plt. Direktur Industri Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf/Baparekraf mengatakan, KMO merupakan bagian dari rangkaian acara "Ngamen dari Rumah" yang akan berlangsung dari 13 - 31 Mei 2020. 

“Ngamen dari Rumah” adalah sebuah acara yang ditujukan untuk memfasilitasi 200 musisi jalanan terdampak COVID-19 untuk tampil di panggung online.

"Ridhoakan mengisi materi kuliah dengan tema 'Konsistensi Karya Musik' pada 16 Mei. Semntara pada 17 Mei, Tompi akan mengisi kuliah musik dengan tema 'Musik Sebagai Gerakan Perubahan Sosial'," kata Mohammad Amin, Kamis (7/5/2020)  

Selain Tompi dan Ridho ‘Slank’, Anto Baret juga akan menjadi pembicara yang mengangkat tema "Jalanan dan Cerita, Catatan Kilas Balik KPJ 38 Tahun" serta Mohammad Amin yang juga dikenal sebagai etnomusikologi akan mengisi KMO dengan tema "Musisi Jalanan, Instrumen Etnik dan World Music". 

Musisi yang tertarik untuk tampil di acara ini dapat mengisi biodata online melalui tautan https://tinyurl.com/ngamendarirumah. 

Setelah mendaftar, para musisi diharuskan mengunggah video kreatif ngamen dari rumah pada periode 8-14 Mei 2020 di Instagram dengan menyertakan tanda pagar #kemenparekraf #ngamendarirumah #ngabuburitdirumahaja #stayproductive dan #indonesiacreative. Nantinya akan dilakukan proses kurasi untuk memilih 200 peserta. 

Video hasil kreasi 200 musisi tersebut akan ditayangkan di sosial media (Instagram, Facebook, dan YouTube) dengan hashtag yang terhubung dengan media sosial Kemenparekraf, GoPay, dan Institut Musik Jalanan. Video musisi jalanan yang sudah melalui tahap kurasi juga akan ditayangkan melalui IGTV @institutmusikjalanan pada 29-31 Mei 2020. 

Musisi yang terkurasi akan mendapat stimulus dari Kemenparekraf. Selain itu, mereka juga akan diberikan kesempatan untuk tampil secara live online pada 13,14,19, dan 20 Mei 2020. 

Begitu juga Live Online bersama public figure akan dilaksanakan pada 15,16,17, 21 dan 22 Mei 2020. Live online akan ditayangkan di media sosial instagram Institut Musik Jalanan dan Kemenparekraf pada pukul 15.30-17.30 WIB. 

GoPay sebagai pendukung acara ini nantinya akan menyediakan QR Code yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memberi apresiasi kepada musisi jalanan. 

"Di semua kegiatan dan video yang diunggah akan terdapat QR Code dari GoPay Indonesia, dimana masyarakat dapat berpartisipasi memberikan apresiasinya bagi mereka para musisi jalanan. Hasil pengumpulan apresiasi melalui QR code akan disumbangkan melalui GoPay bagi musisi jalanan lagi," kata Andi Malewa, Ketua Institut Musik Jalanan.  

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Joshua Simanjuntak sebelumnya mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan dampak besar pada hampir semua profesi/pekerja di bidang kreatif. Salah satu subsektor kreatif yang terdampak adalah para pekerja seni yang kehilangan pekerjaan. 

"Yang pasti kegiatan ini akan sangat menarik untuk mengisi waktu kala menjelang berbuka puasa dan bagi masyarakat selain dapat menikmati hiburan dari para musisi, juga dapat memberikan apresiasi melalui QR Code dan kegiatan ini akan memberikan ruang bagi musisi-musisi jalanan berbakat untuk mendapat apresiasi yang lebih luas dari masyarakat Indonesia," kata Joshua. XPOSEINDONESIA/ Foto :  Biro Komunikasi Kemenparekraf

More Pictures

 

06 May 2020 Published in Event

Gerakan yang digagas para wartawan hiburan terus berlanjut.  Selain dukungan dari para donatur yang terus mengalir, penerima bantuan juga semakin diperbanyak, termasuk kepada masyarakat umum, dalam bentuk pemberian nasi kotak Peduli Jurnalis untuk berbuka puasa. Dan dukungan terbaru dari donator datang  dari PT. Wings Surya dan Paparons Pizza  .

04 May 2020 Published in Event

Bioskop untuk sementara mesti tutup sepanjang pandemic Covid 19 belum mereda. Namun bukan berarti  masyarakat tidak bisa menonton film sama sekali, terutama  film-film Indonesia. 

29 April 2020 Published in Event

Angela Tanoesoedibjo,   Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  ikut aktif bicara dalam Special Meeting of the ASEAN Tourism Ministers (M-ATM) on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), yang diselenggarakan secara digital Rabu (29/4/2020).