NOAH TERBANG TINGGI DI ANGKASA ANUGERAH MUSIK DUNIA

Bens Leo 20 September 2013

NOAH pekan ini diumumkan sebagai salah satu band nominee Best Band Southeastasia Act di ajang MTV European Music Awards 2013. Ini merupakan capaian mengejutkan bagi band Indonesia, mengingat - biasanya - prestasi sejenis diukir oleh artis solo, antaralain Anggun C Sasmi atau Agnes Monica. Dengan demikian, NOAH harus bersaing dengan beberapa band tangguh Asia Tenggara lainnya dari Malaysia, Filipina, juga Vietnam.

Dari situs Panitia MTV EMA 2013 yang bermarkas dan dirilis di Belanda diumumkan, kemungkinan NOAH menjadi wakil Asia di ajang ini sangat terbuka, mengingat rival Asia Tenggara terasa 'lebih mudah ditaklukkan', namun buat mewakili Asia, NOAH harus bersaing dengan band-band tangguh dari Korea, Hongkong dan Jepang. Sejauh ini, rival yang terketat nantinya adalah band Korea ( Selatan ) dan Jepang, kandang para musisi muda berbakat, sekaligus trend setter perkembangan musik pop dan rock Asia.

NOAH, merupakan reinkarnasi dari Peterpan - band alternative pop milik Musica Studio's, adalah hits maker yang pernah merajai ajang bergengsi MTV Asia, Anugerah Musik Indonesia, SCTV Music Awards - antaralain sebagai Band Fave, juga Video Klip Terbaik dan Best Album of the Year dari lagu dan album 'Bintang di Surga' ( 2006 ). Album Bintang di Surga juga merupakan puncak prestasi band Indonesia dengan penjualan CD dan kaset tertinggi sebelum memasuki booming RBT ( 2005 ), yakni dengan penjualan fisik CD / kaset 2.5 juta copies, hanya tersaingi oleh album Ningrat dari Jamrud yang dirilis Loggis Records.

Dengan menyandang nama baru NOAH, Ariel Cs yang membuka karier di Bandung dari band cafe ini dalam sekejap mencapai popularitas ( kembali ) sebagai band terpopuler dan termahal, dan memiliki sensasi dengan tour membelah 2 benua, lintas negara dan merilis 2 buku dalam tempo tak genap 1,5 tahun. Tampilnya David sebagai keyboardist dan komposer, dan dibukanya kemungkinan 'orang luar' menulis lagu, seperti Rian d'Masiv, menjadikan NOAH kian 'berwarna', tidak stereotype dengan lagu-lagu ciptaan Ariel seperti di era Peterpan. Inilah yang menjadikan NOAH lebih kaya warna, eksploratif dan terbuka pada gagasan panggung yang baru.

Bukti tentang keperkasaan NOAH itu terlihat dari kian banyaknya NOAH tampil sebagai bintang iklan, frekuensi manggung yang tinggi pada ajang musik bergengsi semua prestasi ini tak lepas dari kecerdikan manajemen dan lebel rekaman menjual kembali NOAH setelah vakum lebih 2 tahun lamanya.

Mampukah NOAH bicara banyak di tingkat Asia, lewat ajang MTV European Music Awards 2013? Itu semua juga mimpi Sahabat NOAH di seluruh jagad raya....

Login to post comments