Souvenir (46)

Souvenir Travel Xpose Indonesia

16 November 2017 Published in Souvenir

Kementerian Pariwisata terus menerus melakukan pembaharuan ide dan strategi pemasaran  yang kreatif dan berbeda dari kementerian manapun. Kali ini, terdengar sangat pop tapi juga bernilai ‘berlian’, yakni  mengajak 21 artis ternama Indonesia melakukan sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia. Para artis itu adalah mereka yang memang membuka usaha sendiri atau bisa disebut Artis Entrepreneur.  “Untuk mewujudkan brand Wonderful Indonesia dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated,” kata Menpar Arief Yahya  di tengah acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 21 brand artis entrepreneur dan 21 pengusaha Indonesia di gedung Kemenpar, Selasa (14/11/2017).

Ke 21 Artis entrepreneur  yang diajak sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia adalah Minang Mande Cake (Rossa) ; Brand Banana Foster Cake (Henki Kurniawan) ; Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra); Rain Cake (Shireen Sungkar); Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto); Scrummy (Dude Herlino); Premio (Baim Wong); Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

Selain itu brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi); Reallycake (Prilly Latuconsina); Pekanbaru Cassata (Denny Cagur) ; Savvanacake (Fitri Carlina); Lenso Manado (Gracia Indri); Cirebon Sultana (Indra Bekti); Palembang Lamonde (Irwansyah) ; Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi); sedangkan bidang fashion antara lain brand Mandjha.ivangunawan (Ivan Gunawan); Urban Lips (Cathy Sharon); dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

Press conference  Co-Branding Wonderful Indonesia dan 21Artis Enterpreneur berlangsung penuh gelak canda dan saling lempar humor. Acara kali ini sungguh berbeda dari  kegiatan sejenis yang dilakukan penuh tata cara protokoler kementerian.  Indra Bekti yang menjadi MC,  jelas menjadi ‘otak’ pengocok perut.  Kemudian dibantu Irfan Hakim  tak berhenti melempar joke, di tengah mempromosikan  produk kue mereka.

“Bayangin nih Pak, Ayu Ting Ting ngopost,  dia beli  dan makan kue dari tempat saya (Cirebon Sultana), tapi dia tulis di postingnya… ‘terima kasih Cirebon Kelana. Padahal Cirebon Kelana itu punyanya Ussy!” katanya disambut gelak tawa  hadirin.

Dan tiba-tiba Rossa yang didudukan di samping Pak Menteri  berkata, “Yang jelas yang menyenangkan buat kita di sini, Meskipun kita sama-sama  berbisnis, kita tidak saling jealous, ya!’ ujar Rossa manja seperti minta persetujuan rekan-rekannya dan  juga seolah sedang memberi laporan pada Pak Mentri.

Tapi siapa sangka, kalimat itu langsung diselak Indra Bekti. “Belum tentu ! Di depan bisa   akrab. Tapi…?”  Kontan kalimat ini, terlihat seperti membuat Rossa panik mencari kalimat balasan.”  Oh jadi kamu pelakunya selama ini! Duh, ucapanmu bisa bikin isterimu malu, loh!”

Semua yang mendengar percakapan itu, termasuk Arief Yahya menjadi tertawa-terpingkal-pingkal.  Rossa  selama ini dekat dengan Kementrian Pariwisata dan juga  sering mendapat job, didudukkan bersebelahan dengan Menteri Pariwisata, kemudian mengajak Pak Menteri menyanyi  duet. Keduanya bersahutan menyanyikan  lagu   hits Rossa yang menjadi favorite  Arief  Yahya, yakni ‘Aku Bukan Untukmu’.  Sebuah pemandangan press conference yang manis dan tak pernah muncul sebelumnya

Di luar soal  joke dan suasana santai dengan para artis itu, Arief Yahya  menyebut Co-Branding Wonderful Indonesia ini sebagai kelanjutan dari program co-branding partnership Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang menggandeng brand kenamaan Indonesia di dalam dan luar negeri pada saat peluncuran WICF pada Agustus 2017. “Sehingga mampu meningkatkan brand equity dari brand Wonderful Indonesia di pasar global dan brand Pesona Indonesia (PI) di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia,” ungkapnya.

Langkah tersebut sebagai penetrasi pasar dan memperluas exposure brand WI/PI dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh brand/perusahaan di pasar domestik maupun global sekaligus melakukan sharing resources antara kedua brand yang ber-cobranding sehingga menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama.

Mantan Direktur Utama PT Telkom Indonesia telah menetapkan 100 brand untuk co-branding dengan Wonderful Indonesia. Hasilnya kata Arief sudah sangat sukses memperkenalkan Wonderful Indonesia ke luar negeri. “Brand Wonderful Indonesia kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir,” jelas Arief.

Menpar memberikan apresiasi kerjasama co-branding WI dengan artis entrepreneur yang dilandasi semangat Indonesia Incorporated.
“Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domesik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan ‘bigger-broader-better together,” sambungnya.

“Inisiatif co-branding partnership ini untuk memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI yang terlihat dari brand equity yang kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir. Brand WI/PI kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja brand-brand pesaing regional,” kata Arief Yahya.

Tahun 2013 country branding Wonderful Indonesia belum banyak memperoleh perhatian masyarakat dunia, ketika tahun 2015 mulai dipromosikan secara masif  ke seluruh dunia brand WI menjadi semakin dikenal dan tahun lalu menurut referensi World Economic Forum (WEF) berada di peringkat 47 dunia atau mengalahkan brand Truly Asia Malaysia berada di peringkat 96 dan brand Amazing Thailand di peringkat 83 dunia. “Oh ya Maaf ya …di sini ada Datok Rossa ujar Pak Menteri  mendadak “menggoda” Rossa, yang mendapat gelar Datok dari Malaysia. “Sekarang Malaysia sudah kita kalahkan!” XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra Putra

More Pictures

03 November 2017 Published in Souvenir

Seminar Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018 digelar Ballroom Hotel DoubleTree by Hilton, Jakarta, Rabu (1/11/2017). Acara  yang diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai kalangan (industri wisata, Kemenpar, akademisi, wartawan/blogger) ini, menghadirkan pembicara antara lain Menteri Pariwisata Arief Yahya (sebagai pembicara kunci), pengamat ekonomi Faisal Basri, Senior Vice-President, Government and Industry Affairs, World Travel and Tourism Council World Travel & Tourism Council Helen Marano, dan Head of Destination Marketing APAC, TripAdvisor Sarah Mathew.

05 October 2017 Published in Souvenir

Tasikmalaya sejak lama terkenal sebagai kota kreatif penghasil kelom, brodir juga payung kertas. Tiga hal utama tersebut akan  terlihat pada Tasikmalaya Oktober Festival (ToF) 2017 yang akan berlangsung di kota Taksikmalaya, Jawa Barat (Jabar) pada  14-17  Oktober 2017.

11 August 2017 Published in Souvenir

Provinsi Bangka Belitung sangat bergelora dalam mempromosikan daerahnya sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Terbukti mereka habis-habisan menggelar beragam acara lewat Toboali City On Fire (TCOF) Season II 2017 dari 27-30 Juli 2017.

04 August 2017 Published in Souvenir

Makan bersama sudah ada dalam tradisi masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu. Tradisi  yang secara turun menurun tetap dipelihara ini  terlihat dalam beragam suku. Lihat saja  ada Makan Bajamba ala Keluarga Minang, Makan Patita gaya keluarga Maluku, Megibung jadi tradisi  makan bersama dari keluarga Bali, lantas ada pula Baseprah makan bersama ala keluarga Kutai, Babancakan menjadi gaya  makan bersama ala keluarga Banten, sementara di kepulauan Bangka Belitung ada tradisi  makan bersama yang dinamakan Nganggung Dulang.

19 July 2017 Published in Souvenir

Festival Budaya Borneo 2017 segera digealr di Jakarta. Kegiatan menarik dan strategis tentang potensi budaya, pariwisata dan Investasi Pulau Kalimantan ini menurut Ramond S.Sos sebagai Ketua Pelaksana Festival Pesona Budaya Borneo 2017, bajal digelar  di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari 28 Juli- 30 Juli 2017 .

23 April 2017 Published in Souvenir

Ada kemeriahan  di Piaza Ground Floor Gandaria City , Sabtu 22 April 2017. Hari ini dilangsungkan Malam Keakraban  Abang None (AbNon) Jakarta Kepulauan Seribu  2017. Dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘Bhinneka Tunggal Ika’ ini ditampilkan live performance dari launching lagu  “Beda Itu Indah” hasil kerjasama dengan Gautama, musisi Indonesia yang sukses berkarir di Asia.

28 October 2016 Published in Souvenir

Garuda Indonesia meresmikan penerbangan langsung Jakarta - Labuan Bajo (CGK - LBJ), pada Kamis (27/10/2016).  Ini merupakan langkah strategis Garuda dalam memperluas  dan meningkatkan pasar domestik, sekaligus mendukung program pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata dan perekonomian yang berada di wilayah timur Indonesia.

10 October 2016 Published in Souvenir

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan penghargaan Anugerah  Pariwisata Halal Terbaik 2016 kepada para pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional (KPHN) 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata,  Jumat  malam (7/10)

18 September 2016 Published in Souvenir

Ada keramaian di Pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur  pada Sabtu (17/9) sore.  Sejumlah wisatawan  lokal dan mancanegara menyaksikan  kemeriahan Festival Gandrung Sewu   yang hari itu  mempertunjukan tarian dengan kostum merah  memukau.  Para penari memakai kipas putih dan merah melingkari arena pertunjukan, membentuk formasi berjajar, sebagian lagi melingkar,  dan terus bergerak dalam derap tari yang rancak, seiring tabuh gamelan dan angklung.