Kasus Kevin – Helen : Wanprestasi Berujung ke Polisi

22 November 2013

Hari Rabu 6 November 2013 menjadi  hari paling kelabu bagi karier bermusik Kevin Aprilio ( 23 ), juga keluarga Addie MS – Memes. Karena pada tanggal itu, Kevin Aprilio dilaporkan Ibu Atin dan Helen puterinya ke Polisi, dalam dugaan penggelapan uang kontrak rekaman yang nilainya Rp. 2.5 Milyar. Pihak Kepolisian menyebut, jika kasus ini terbukti, Kevin bisa dikenai hukuman kurungan penjara 5 tahun, dan sebelum masuk sidang Pengadilan, bisa ditahan.

Tapi, banyak pihak yang menyayangkan memperkarakan Kevin ke Kepolisian dalam kasus penipuan dan penggelapan uang, sebelum membaca kontrak yang telah ditandatangani Kevin selaku Produser Rekaman dan Helen sebagai ‘calon penyanyi’.

Pengacara keluarga Addie MS, Minola Sebayang yang mengaku ikut mendampingi Kevin – Atin waktu tandatangan kontrak rekaman Januari 2013 melihat, semua pasal dalam kontrak telah disetujui kedua belah pihak, meski bentuknya hanya dalam garis besar. Yang paling inti adalah, kontrak rekaman ini dalam Bentuk Borongan, bukan perlagu dan tertulis dalam kontrak jangka waktunya satu tahun, yang akan berakhir pada Februari 2014. Materi kontrak terdiri dari Satu Album berisi 10 lagu, meliputi Produksi, Distribusi dan Promosi.

"Memproduksi rekaman dengan materi lagu di dalamnya seperti orang menjual lukisan, tidak ada batasan harganya, bisa hanya ribuan rupiah sampai puluhan bahkan ratusan juta harganya. Dan saya termasuk pencipta lagu yang tidak produktif, dalam satu bulan bisa hanya  menulis satu lagu, dua lagu atau mungkin maksimal 3 lagu,"  kata Kevin dalam Jumpa Pers yang panas di kawasan Tebet Indah Square ( 21/11 ).

"Pada saat  dikenalkan Papa pada Bu Atin untuk mengorbitkan Helen puterinya, sebenarnya saya dalam posisi tidak membutuhkan uang, karena memiliki kesibukan dengan artis Aprilio Kingdom sendiri. Karena itulah, waktu terus didesak keluarga Helen melalui SMS atau by phone, akhirnya saya sengaja buka harga yang tinggi, nothing to loose, kalau disetujui akan saya kerjakan secara profesional, jika tidak ya nggak papa,"  lanjut Kevin. Dan harga yang dibuka Kevin itu Rp. 3 Milyar, lalu ditawar dan deal  jadi Rp. 2,5 Milyar.

Addie MS sebagai ortu Kevin sekaligus sparring partner, ‘berfikir jernih dan rasional’ yang sejak awal memperkenalkan Kevin pada Bu Atin dan Helen mengatakan, ‘Saya tidak mengajarkan anak saya termasuk Kevin untuk melihat uang dalam mengerjakan sesuatu yang ia kuasai, yang paling penting bisa bekerja nyaman dan profesional. Sewaktu Kevin deal dengan Bu Atin dengan nilai 2,5 milyar satu album, saya kaget, dan saya bilang ke Kevin, ‘Itu rejeki kamu, tapi kerjakan dengan baik dan hati-hati’. Kevin bisa mengerti, " Addie MS menjelaskan.

Maka proses produksi dilakukan sejak kontrak dibuat. Seperti yang dikatakan Bens Leo pada stasiun TV MNC sepekan sejak kasus ini dilaporkan ke Polisi, Pengamat Musik itu bilang, “Membuat rekaman calon penyanyi solo tidak mudah. Jika materinya masih mentah, harus melalui proses kursus vocal, mencari lagu yang cocok buat karakter vocal calon penyanyi, menyiapkan jadwal rekan, memilih sutradara video klip, mencari kostum buat acting di video klip, mencari model pria sebagai partner ‘akting’ (yang secara kebetuLan namanya juga Kevin, dan disetujui Helen.

"Helen bukan penyamyi jebolan kompetisi vocal di TV seperti Indonesian Idol, AFI, Kejuaraan Bintang Radio dan sejenisnya, jadi tantangan Kevin jauh lebih tinggi. Dalam dunia rekaman, Kevin mendapat materi calon penyanyi yang ‘belum aman’, “ kata Bens.

Bulan Juni 2013, single selesai dan mulai dijalankan promosi melalui press conference peljuncuran single, 5 kali muncul di TV, mengirim single ke radio. Sebagian promosi sudah dijalankan, tapi baru buat first single.

Masih menurut Bens Leo, jaman sekarang mempromosikan pendatang baru hanya dengan satu single akan riskan, promosi sebesar apapun akan ‘ke laut’. Penyanyi baru akan sulit manggung, ditolak wawancara radio dengan durasi panjang, tidak dihargai Event Organizer  (EO) yang menggelar acara,  karena cuma dianggap promo satu lagu,

“Karena itulah, pada siapapun juga saya sarankan agar minimal pendatang baru membuat mini album yang terdiri dari 4 sampai 6 lagu. Dengan begitu, ia bisa diajak manggung EO dengan durasi 20 – 30 menit dari album sendiri, bisa menerima honor. Diwawancara radio dengan durasi satu jam karena semua lagu bisa diputar, dapat melakukan promo tour karena bisa jumpa fans. Kalau cuma single, harus berbuat apa? Cakra Khan  yang suaranya punya karakter, nyaris habis namanya tatkala lebih satu bulan hanya mengandalkan satu lagu, karena itulah Pak Jan Djuhana selaku Produser, segera bikin lagu kedua, ketiga dan mini album, akhinya Cakra Khan bisa terpilih sebagai Pendatang Baru Terbaik AMI Awards,"  masih kata Bens.

Nah, agaknya Helen dan ortunya tidak sabar,  "Dia menganggap Kevin wanprestasi, tidak melakukan promosi gencar, baru bikin satu lagu, dan Helen tidak puas dengan video klipnya, dia bikin video klip sendiri dengan Uci Nurul yang sebenarnya ini amat mengganggu clip maker teman kerja Kevin," kata Memes,  "Jadi menurut kami, yang wanprestasi adalah pihak Helen dan ini kasus perdata bukan pidana, apalagi Kevin yang dituntut mengembalikan uang produksi, telah mengembalikan satu mliyar rupiah pada Bu Atin. Jika dia mau menggelapkan uang, kenapa nggak tilep aja 2,5 milyar yang memang hak Kevin sesuai kontrak satu tahun kerja,"  kata Minola Sebayang, lawyer keluarga Addie MS.

Atin dan Helen meminta Kevin menghitung kembali cost produksi album, Kevin keberatan, karena kontrak yang telah ditandatangani adalah Produksi Album Borongan,  "Ibaratnya, kalau orang beli rumah, dan merasa nggak nyaman dengan rumah yang sudah jadi, masak akan tanya, harga semennya berapa, harga batanya berapa,"  kata Kevin sambil melepas tawa.

Dan anehnya, tatkala Minola mengajak Atin dan Helen duduk bersama membahas kelanjutan rekaman itu, 3 kali undangan meeting dilayangkan,  tak digubris,. Jadi kelihatan tak ada itikad baik,

“Saya melihat, Helen terlalu ngebet buat populer, cara apapun dilakukan, dan apa yang sedang dirancang Kevin menjadi berantakan. Saya kebetulan baru saja memproduseri album rekaman pendatang baru, Deden Brennan, anak lulusan Kejuaraan Bintang Radio, karena vokalnya aman, hanya dalam waktu 1,5 bulan mini albujm dengan 6 lagu selesai dan dirilis di depan wartawan. Helen juga bisa melakukan hal yang sama, Kevin sanggup menyelesaikan kontraknya, asal ada kesepakatan ulang. Kalau ketemu saja susah, itu bukan salah Kevin, Maka dari itu selagi kontrak ini masih berakhir Februari 2014, saran saya, kerjakan kembali, akur kembali tapi saya nggak tahu, apakah Kevin masih mau?’ tanya Bens.

Kevin Aprilio adalah pencipta lagu dan Produser Rekaman termuda Indonesia. Membangun band Vierra yang direkam Musica Studio’s, hampir 2 tahun terakhir Kevin mengundurkan diri, dan membangu kerajaan bisnis musik Aprilio Kingdom, dengan Memes – ibunya sebagai Dirut.

Dalam usianya yang baru 23 tahun, Kevin adalah roll model musisi belia Indonesia dengan instink bisnis yang bernas. Sedikitnya telah ada 5 artis, solo, girlband, band rock yang direkamnya dalam bentuk full sign (kontrak rekam) dan sebagian lainnya titip edar, dua grup diantaranya termasuk kondang namanya, Vierra dan girlband Princess.

Semua pihak menyarankan, mediasi bisa dilakukan di tempat Kevin dilaporkan Polisi. Petugas Polisi bisa membuka kembali kontrak rekaman yang ditandatangani Kevin dan Atin, dan mengetahui bahwa Kevin telah mengembalikan Rp. 1 milyar  nilai kontrak itu sebagai itikad baik. Dan ini bukan peristiwa Pidana, tapi Perdata. “Saya nggak lari kemana-mana, masih manggung, masih punya kerjaan rekaman, jadi nggak ada cerita melarikan duit orang, “ tutup Kevin dalam Jumpa Pers tadi malam. (XPOSEINDONESIA. FOTO Yuri Rahadian)

More Picutures

 

                

Last modified on Friday, 22 November 2013 13:46
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...