Teladan All Stars untuk Reuni SMA 3 Jakarta

22 August 2013

Sepanjang dua dekade : 1970 – 1980-an, SMA Negeri 3 Jakarta dikenal sebagai SMA Teladan. Memperingati 60 tahun SMA 3, para musisi / penyanyi  yang  disebut Teladan All Stars tampil ke panggung Jakarta Convention Centre.

Dua Dekade yang Membanggakan

Sejatinya SMA Negeri 3 tak sekedar popular dengan musisinya, sebab ketekadanan SMA yang terletak di Jl. Setiabudi Jakarta ini, juga  ‘teladan’ dalam bidang akademik, olahraga, drum band dan sinema, melahirkan banyak aktris film. Tapi SMA 3 menjadi istimewa, tatkala pada tahun 1977 - 1979, beberapa karya musik siswa SMA 3 mulai memasuki ruang dengar para musisi profesional, melalui Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors. Waktu itu nama Fariz RM, Addie MS, IJames F. Sundah, Ikang Fawzi, Raidy Noor, Deddy Dhukun, Adjie Soetama menjadi populer karena keikut sertaannya dalam event  cipta lagu remaja itu. Generasi di bawahnya, ada sederet nama kondang juga di dunia nyanyi dan film, seperti penyanyi senior Kris Dayanti, Memes, Sophia Latjuba, Sherly Malinton, Denada, dan Nikita Willy, yang baru saja lulus tahun 2003 ini. Lalu, 2 presenter  / MC kondang Charles Bonar Sirait dan Anya Dwinov serta  2 komedian populer, Harry de Fretes dan Temon juga alumni SMA Negeri 3, Jakarta.

"Kami bangga dengan almamater yang banyak melahikan bintang, beberapa diantaranya lahir dari tradisi tahunan Lomba Band Antar Kelas, “ kata Fariz RM. Addie MS memberi info, “Nama SMA Negeri 3 menjadi populer secara Nasional  melalui Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 1977. Waktu itu saya menggarap aransemen musiknya, yang nulis lagu Fariz, Adjie Soetama, Iman dan Raidy Noor, yang nyanyi dalam formasi vocal grup Melania, Sita, Mia dan Emiria. Setelah itu, saya bikin band bareng Ikang Fawzi dan Raidy Noor, namanya Staff Band, band ini merilis album rekaman di Jackson Records.” Dari lulusan SMA 3, hanya Addie MS ( angkatan tahun 1979 ) yang menkahi adik kelasnya jauh, Memes - angkatan tahun 1983. “Kenal Memes karena saya masih sering ke SMA 3 berurusan dengan melatih musik, “ kata Addie disertai tawa.

Masih melalui LCLR Prambors, nama SMA 3 kian menjulang, tatkala James F. Sundah alumnus tahun 1976, memanangi LCLR Prambors 1978 melalui lagu ‘Lilin Lilin Kecil’, yang dinyanyikan penyanyi profesional saat itu, Chrisye. ‘Lilin Lilin Kecil’ ini kemudian menjadi lagu yang longlasting – mencapai popularitas yang panjang, sama dengan sejumlah lagu karya Fariiz RM setelah multi instrumentalis itu lulus dari SMA 3, dan menghasilkan sejumlah superhit seperti ‘Sakura’, ‘Selangkah ke Seberang’ dan ‘Barcelona’.

Mantan Pejabat Alumni SMA 3 & ‘Teladan All Stars’

Satu kebetulan jika ada 2 alumni SMA 3 yang ditunjuk Presiden yang berbeda masuk barisan Kabinet dengan jabatan sama,  yakni Abdul Gafur  Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Soeharto dan Adhyaksa Dault, Menpora era Kabinet Bersatu 1 dari Presiden SBY. Yang menarik, Adhyaksa yang praktisi hukum ini, juga gemar main musik, “Insya Allah, saya akan ikut menyanyi dalam Teladan All Stars ultah ke 60 SMA 3 nanti, “ janji Adhyaksa, alumni  tahun 1983.

Mantan Kasad Jenderal ( Purn ) Eddy Pramono ( angkatan 1972 ), Laksamana Muda Didid – Staf Ahli KSAL ( angkatan 1980 ),  Effendy Simbolon ( Anggota DPR ),  dan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie alumni tahun 1967, juga lulusan SMA Negeri 3 Jakarta.

Reuni Akbar 60 tahun SMA Negeri 3 Teladan ini digagas bersama oleh Zubir Usman ( angkatan 1980 ) bersama kawan-kawannya, “Kami pengen melakukan silaturahmi besar usai lebaran, dikaitkan dengan ultah ke 60 SMA 3 Teladan Jakarta, “ kata Zubir Usman. Kontak awal dilakukan dengan Raidy Noor, yang telah memiliki band pengiring Raidy Noor Experience, band ini ditugasi mengawal penampilan sebagian besar alumni SMA 3 yang berbakat musik dan nyanyi, seperti Ikang Fawzi, Fariz RM, Deddy DhukunMemes, Sherly Malinton, Tesya, sedang Nikita Willy berjanji akan menyanyi dengan minus one.  Penampil termuda dari Teladan All Stars adalah Tesya, yang kini masih duduk di kelas X SMA 3 Jakarta, dan Tesya pula yang akan menyanyi lagu penutup bersama seluruh alumni SMA 3 Jakarta membawakan lagu ‘Lilin Lilin Kecil’ ciptaan James  F. Sundah.

Tak kalah menarik adalah penampilan Sava Band, yang akan membawakan lagu-lagu Guns n Roses lengkap dengan atribut rock-nya.

Akan tampil sebagai bintang tamu yang bukan alumni SMA 3 adalah Tony Wenas – keyboardist dan vokalis Solid 80 yang dikenal sebagai pembawa lagu-lagu Queen, akan duet lagu-lagu Queen dengan Kadri Muhamad, vokalis grup KJP. Zubir Usman yang sedang membawa Daniel Sahuleka tour Indonesia, juga akan akan menghadirkan penyanyi asal  Belanda berdarah Ambon kelahiran Semarang itu sebagai bintang tamu Pesta Musik Teladan All Stars 2013.

Reuni Akbar Teladan All Stars ini dipandu oleh 4 MC / presenter TV populer alumni SMA 3, yakni Charles Bonar Sirait, Anya Dwinov, comedian Temon dan Harry de Fretes., digelar di Jakarta Convention Centre Sabtu 24 Agustus 2013. Silaturahmi akan dibuka mulai jam 16.30 WIB dengan menikmati makanan kecil sambil menyaksikan pentas musik akustik, dilanjutkan dengan Pesta Musik Teladan All Stars mulai jam 19.00 WIB  sampai selesai.

Agar seluruh alumni dan pelajar SMA 3 bisa menghadiri Pesta Musik Reuni Akbar Teladan All Stars 2013, Panitia menyediakan ticket super murah, Rp. 200,000,- buat alumni dan kerabatnya, dan Rp. 150.000,- buat pelajar SMA 3 dan teman-temannya (Bens Leo, Foto : Dudut SP).

Last modified on Thursday, 22 August 2013 10:32
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...