IKi di 2018 : Rock Opera & Main di depan Jokowi

11 November 2017

Jumat 10 November 2017 di tengah suasana rintik-rintik, Renny Dajoesman menjamu  anggota Indonesia Kita (I.Ki)’ di  rumahnya Komplek Polri, Ragunan, Jakarta Selatan. “Selain ingin membicarakan rencana penggarapan album kedua, kami juga  melakukan syukuran. Tepat di hari Pahlawan ini, usia I.Ki memasuki tahun kedua!” ungkap  Renny motor Penggerak I.Ki sebuah komunitas musisi dan penyanyi lintas generasi yangberanggotakan 54 orang. Hadir malam itu antara lain Jelly Tobing, Bens Leo, Uce Anwar, Riffy Puteri, Wel Welly,  Trison, Rama Moektio, Rummy Aziz,  Silvia Sartje,  Damon Koeswoyo, dan lain-lain.

 

Kata Renny, pada November dua tahun lalu itu, IK.i  bukan dilahirkan tapi terlahirkan. Komunitas ini bukan dikumpukan melainkan terkumpulkan  bertepatan dengan hari Pahlawan. “Yang bisa mengumpulkan kami adalah  semangat nasionalisme, dan saat itu lahir lagu perdana, bertajuk ‘Indonesia Kita’ yang dikarang Jelly Tobing. Kami berharap naluri roh kepahlawanan akan menyetubuhi kami terus, agar kami bisa menjadi semangat kepahlawanan kami untuk berprestasi dan berkati kepada nusa dan bangsa lewat profesi kami sebagai  musisi” kata Renny lagi. Seperti diketahui lagu  pertama “Indonesia Kita” kemduian dijadikan theme song Bela Negara oleh Kementrian Pertahanan RI, sekaligus jadi judul album IK.i yang kesemua lagunya bernafaskan spirit kecintaan kepedulian terhadap Indonesia.

IK.i sebagai sebuah komunitas lantas berjalan sebagai medium ekspresi dan silaturahmi para seniman musik yang berangkat dari keinginan menumbuhkan kembali rasa kebangsaan, ke-indonesiaan, serta bela negara lewat berkesenian sebagai musisi. Sejumlah kegiatan digelar baik lewat panggung apresiasi untuk para legenda, ataupun gelaran kegiatan social social lainnya.

Renny Djajoesman sebagai motor penggerak I.Ki menyebut program I.Ki ke depan adalah membuat album ke-2. “Kami akan membahas materi lagunya.  Dan pasti masih bernuansa rock dengan muatan kebangsaan. Album ini, adalah jawaban dari tantangan dan keinginan Donny Hardono rekan kita dari DSS, yang ingin membantu pengerjaannya,” jelas Renny.

Renny  juga menyebut pada Januari 2018 berencana membawa anggota I.Ki  bermain dalam pertunjukan ‘rock opera’. “Ini baru sebuah tawaran dan sudah menjadi keinginan lama saya. Tapi belum sampai action. Baru merumuskan cerita. Kegiatan ini bukan karena dulu saya bergelut di teater, tapi melihat potensi rekan-rekan IK.i  yang jago acting dan nge rock semua.  Apalagi musik rock memang sangat dekat dengan teater,” kilahnya

IK.i menurut Jelly  adalah komunitas lintas generasi dan juga lintas genre musik. Ada yang angkatan 60, 70 sampai angkatan sekarang, dengan genre musik yang berbeda-beda.  Jelly   menyebut, ia juga sedang merancang  kegiatan di  mana musisi rock bermain di depan Jokowi di istana  Bogor. “Kan Pak Jokowi penggemar rock. Kami sedang menjajaki kegiatan ini. Doain saja. Semoga berhasil,” ucap Jelly menutup percakapan. XPOSEINDONESIA/NS Foto: Muhamad Ihsan
 
MORE PICTURES

 

Last modified on Sunday, 12 November 2017 12:22
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...