Untuk Film Kartini, Dian Sastrowardoyo, Mabuk 64 Ayat Belanda

15 July 2016

Dian Sastrowardoyo mengaku telah mendalami kehidupan RA Kartini. Ini adalah sebuah peran baru yang dimainkannya  dalam film biopik "Kartini", produksi Legacy Pictures dan Screenplay.  Film yang disutradarai Hanung Bramantyo dan diproduseri Robert Ronny ini akan rilis pada April 2017.

 

Segala persiapan sudah dijalani Dian, mulai dari belajar adat istiadat Jawa seperti laku dodok, mempelajari bahasa Jawa  juga bahasa Belanda.  "Ya Allah... sampai mabuk bahasa Belanda," ungkap Dian dalam konferensi pers "Kartini" di Jakarta,

Dalam film ini, Dian memang dituntut untuk berbicara bahasa Belanda dalam sebagian adegan film besutan sutradara Hanung Bramantyo itu.  "Lumayan, ada 64 'ayat' bahasa Belanda," ujar dia.

Selain mengasah kemampuan akting agar bisa berperan secara maksimal, aktris 34 tahun ini juga mengunjungi kediaman Kartini.  “Saya berkunjung ke Jepara melihat kamar pingitan Kartini, juga mengunjungi rumah suami Kartini di Rembang.”

Di luar itu,  untuk memahami kehidupan Kartini, Dian  merasa perlu membaca banyak buku.  Mulai dari "Panggil Aku Kartini Saja" karya Pramoedya Ananta Toer, "Gelap-Terang Hidup Kartini" dari TEMPO, sampai kumpulan surat Kartini yang diterjemahkan Armijn Pane menjadi buku "Habis Gelap Terbitlah Terang".

“Saya merasa seperti lagi menyelesaikan skripsi,” ujar Ibu dua anak ini. Dian  mengaku masih berencana menambah daftar bacaan, yaitu "Kartini The Complete Writings" yang diterjemahkan pengajar Monash University, Joost Cote. Buku yang tidak terbit di Indonesia itu diperoleh dari aktivis Kartini di Rembang.  "Harus gerilya untuk mendapatkan sumber pustaka," kata Dian.

Menghidupkan sosok Kartini di layar lebar merupakan pekerjaan besar bagi Dian. "Sungguh memalukan jika saya tidak bisa perankan Kartini dengan baik," katanya. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...