Ponorogo Menjadi Jazz dalam Semalam

25 October 2017

Bertahun-tahun Ponorogo, Jawa Timur identik sebagai negeri tempat lahirnya kesenian Reog. Untuk musik, menurut pikiran orang awam, rasanya sulit jika dibuat pagelaran musik Jazz  dan bisa mengumpulkan banyak penonton.  Ponorogo bisa identik dengan Rock atau dangdut. Namun Bupati  Ponorogo Ipong Muchlissoni  punya keyakinan kuat, jazz bisa juga laku di Ponorogo. Terlebih jika dipadu dengan Reog.

Terbukti,  Minggu sore, 22  Oktober 2017,  meski sebelumnya diganggu hujan dan ganset yang mati,  penampilan Bintang Indrianto (bass),  Denny Chasmala (gitar), M. Iqbal (drummer), Ronald Lisan (kendang), Sofie (suling), Madun (gendang) dan Eugen Bounty (klarinet/saksofon) bersama 22 penari Reog  sangat memukau  di panggung Reog Jazz Ponorogo 2017.

Kolaburasi musik jazz yang dimainkan para musisi di atas panggung mengiring keelokan tarian Reog. Sebuah tampilan baru, tanpa menanggalkan kesan Reog yang eksotisme. Untuk musik, Bintang menyisipkan kesan kuat Melayu pada Suling dan Kendang, sementara aura Jazz dimunculkan kuat pada permainan  bass, klarinet dan gitar.

Sementara itu, Tompi bersama Nita Aartsen Quintet terdiri dari Gustu Brahmanta (drummer), Doddy Sambodo (bassist), Afan Latanette (perkusif) dan trumpeter asal Perancis, Jean-Sebastien tampil  tak kalah memukau dengan  jazz bervokal lewat lagu  “Menghujam Jantungku”, yang ternyata liriknya  sangat dihafal oleh penonton Ponorogo. Tompi memperlihatkan kekuatan vokalnya yang  mampu membuat falsetto  yang melompot-lompat. 

Tompi juga dengan cerdas mengajak  penonton berimprovisasi mengikuti lagunya.  Pelajaran kuat yang diberikan  Tompi dalam pentas ini adalah  ia tampil berbeda dengan apa yang pernah disuarakan via rekaman. Point  lebih dari sini adalah penonton Ponorogo mendapat hiburan mahal yang berharga.

Berikut rekaman  foto Muhamad  Ihsan yang  memotret kemeriahan Reog Jazz Ponorogo 2017. XPOSEINDONESIA/NS Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Wednesday, 25 October 2017 03:38
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...