Sambil Mengenang Chrisye, Wartawan Diajak Lomba Nyanyi

01 April 2016

Chrismansya Rahadi aka Chrisye selalu ada di hati penggemar, meskipun 9 tahun sudah ia wafat. Keberlanjutan “hidup” Chrisye  di dunia musik, sangat terletak dari pergerakan kreatif para fans fanatiknya. Adalah Komunitas Kangen Chrisye (K2C) yang setiap 30 Maret berinisiatif memperingati kepergian Chrisye dengan berdoa bersama fans  dihadiri pula oleh Damayanti Noor (Isteri almarhum Chrisye ) plus anak-anak Chrisye.

K2C sendiri adalah sekumpulan penggemar fanatik Chrisye, dengan beragam profesi dan jabatan.  Ada Menteri, wartawan, pekerja lepas di balik panggung hiburan, ibu rumah tangga dan lain-lain. Mereka berkumpul dengan semangat  untuk terus bisa “menghidupkan” nama dan karya almarhum Chrisye, lewat berbagai cara kreatif. 

“Kami pernah menerbitkan buku “Chrisye di Mata Media, Sahabat dan Fans, pada tahun 2012”  dan  rutin memperingati tanggal wafat almarhun di setiap tahun,” ungkap Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Ka BPN   yang merupakan salah satu anggota K2C.

Pada 30 Maret 2016, K2C  menggagas tambahan acara di saat kumpul-kumpul itu, yakni menggelar Lomba Nyanyi Lagu Chrisye (khusus) untuk Wartawan. Untuk lebih “kekinian”, para wartawan  yang berminat ikut, harus  membuat video klip sedang menyanyi lagu yang pernah dibawakan Chrisye. Video kemudian diupload   hanya via akun Facebook Nini Sunny, salah satu anggota K2C. “Sengaja  dibatasi upload  video hanya lewat akun saya, karena ini untuk  memantau like dan view lebih akurat. Jadi tidak bisa setiap peserta upload video sendiri,” kata Nini Sunny.

Pengamat musik Bens Leo yang mendapat tugas menjadi Juri bersama Hans Sinjal  dan  Randa Pramasha Chrismansyah, (salah satu putera kembar  almarhum Chrisye) menambahkan,  “Mereka yang berhak maju ke final dan perform di tanggal 30 Maret, tetap wajib memiliki kualitas suara prima, di samping  mendapat like dan view terbanyak.”

Terdaftar 14  wartawan dari berbagai media cetak dan online  yang mengikuti seleksi via penayangan video klip. Namun, karena durasi waktu, yang bisa tampil secara live hanya 10 peserta.  Mereka adalah Teguh Imam Suryadi (tabloidkabarfilm.com), Herman Wijaya (Tabloid Bintang Film), Adicumi Sastroputro (antara), Susi Ivvaty (Kompas), Andiasti Ajani (Majalah Grasia), Talitha Ceisarina (beritaenam.com), Abdul Malik MSN (jurnal pers PWI Pusat & Images Indonesia), Vincent Hakim Roosadhy (www.kotabsd.com), Anggie Hernowo (liputanenam.com), Thomas Manggala (Seputar Indonesia).

Tak terduga,  para wartawantulis dan foto  ini ternyata memiliki bakat dan kualitas nyanyi yang prima.  Abdul Malik MSN misalnya, dengan sangat memukau melantunkan “Kisah Kasih di Sekolah”,  Ia bahkan memperlihatkan tehnik falsetto yang mulus pada beberapa bagian ujung lagu. Sedangkan si keriting, Adicumi dari Antara, saat melantunkan “Cintaku” mendapat tepuk luar biasa, karena mampu menaklukan lagu dengan merdu, namun tetap santai sambil bergoyang dan tanpa pernah terjebak fals.  

Dua nama yang  sudah mencuri perhatian lewat like dan view terbanyak di facebook, yakni Vincent Hakim Roosadhy (“Lilin-Lilin Kecil”)  dan  Talita Ceisarina (“Seperti yang Kau Minta”) membuktikan mereka layak disebut bukan hanya sebagai jurnalis, tapi juga sebagai penyanyi.

Hasil Lomba Nyanyi Lagu Chrisye ini pada akhirnya menempatkan   Talita Ceisarina sebagai Pemenang pertama, Vincent Hakim Roosadhy pemenang kedua, Abdul Malik MSN pemenang ke 3, dan Adi Cumi sebagai Penampil Terbaik. “Nilai mereka bersaing sangat ketat.  Hanya selisih dua point,” ungkap Bens Leo saat pembacaan nama pemenang.

Isteri almarhum Chrisye, Damayanti Noor menyebut, sangat terharu dengan diselenggarakannya acara  semacam ini. “Chrisye sudah wafat 9 tahun lalu, tapi  semangat untuk  terus mengingat almarhum  seperti yang dilakukan teman-teman di K2C, sungguh tak pernah saya duga. Saya hanya bisa membalasnya dengan ucapan Terima kasih. Dan kalau boleh berharap,  tahun depan suara dari teman-teman wartawan ini bisa direkam dan diedarkan!”

Ferry Mursyidan Baldan  menyambut gagasan itu dengan senyum mengembang. “Tahun depan memang ada rencana membuat acara lomba menyanyi,” katanya kepada xposeindonesia.com.  “Tetapi dalam kemasan  yang berbeda. Mungkin lomba Paduan Suara!” ujarnya mengunci percakapan XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra  Putra & Muhamad Ihsan


More Pictures

Last modified on Friday, 01 April 2016 09:28
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...