Lomba Menyanyi Lagu Karya Cipta SBY 2013

17 October 2013

Tak banyak Kepala Negara yang mampu menulis lagu dan merilis rekamannya di pasaran. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukanya. Setelah merilis 5 album – termasuk album instrumentalia orkestra yang digarap Yockie Suryo Prayogo – sejak tahun 2009, SBY sebagai Pencipta Lagu – bukan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, SBY berharap kota kelahirannya, Pacitan bisa ‘berbicara’ di dunia seni budaya secara Nasional, termasuk music. Maka, digelarkah Lomba menyanyi Lagu Karya Cipta SBY.

Djoko Darmanto, Ketua Panitia LMLKC SBY 2013 dalam kata  sambutannya menyayangkan,, pada tahun pertama Lomba Nyanyi Lagu SBY tahun 2009, Lomba hanya diikuti peseta lokal Pacitan,  tahun kedua 2010 sudah muncul peserta dari Yogya, lalu tahun 2011 dikuti oleh peserta dari dari Yogya dan Jawa Timur, lalu se Jawa dan pada tahun kelima LMLKC SBY ini sudah berskala Nasional, antara lain dari Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Marie Elka Pangestu melihat aktivitas ini sebagai hal yang positif, “Apalagi tentang upaya Pak SBY sebagai pencipta lagu, untuk memajukan kota kelahirannya di bidang seni budaya dan ekonomi kreatif. Gagasan Beliau saya lihat tercapai, karena secarta kualitas dan kuantitas, pesertanya kian membaik dari tahun ke tahun.” Ujar Marie Pangestu, yang tahun ini menggelar Pesta Rakyat di Pacitan, tepat SBY menggelar lomba.

Data peserta yang kian membaik itu diperoleh marie dari 3 Dewan Juri Lomba tahun ini, Bartje van Houten ( juri dari tahun pertama), Jimmie Manopo dan Bens Leo  Tahun 2013, peserta datang dari Pontianak, Palembang, Medan, Jakarta, Cirebon, Bandung, Semarang,Yogya, Solo, Sampang dan Bangkalan ( Madura ), Malang, Sidoarjo, Madiun, Ngawi dan dari daerah NTB.

Bartje van Houten ditugasi sebagai juri awal, menyeleksi 315 penyanyi peserta dari Kategori SMP, SMA dan Umum,Putera dan Puteri. Tersaring 30 finalis, 10 Finalis SMP ( 5 Putera, 5 Puteri ), 10 Finalis ( 5 Putera, dan 5 Puteri ), serta 10 Finalis Umum. 

Secara kualitas sejatinya lomba Menyanyi Lagu SBY ini tidak kalah dengan lomba sejenis yang sering kita saksikan di TV. Bahkan salah satu finalis Umum Pria, akhirnya memilih mudur karena harus masuk karantina AFI 2013 di Jakarta.

Yang menarik adalah, penampilan peserta umum yang kebetulan anggota TNI AU berpangkat mayor dari Adisumarmo, Solo, “Karena disiplin militer, saya harus memakai baju dinas TNI AU, sejak babak penyisihan lomba. Jika malam ini saya jadi juara dan diminta tampil di depan SBY sebagai Pencipta Lagu, saya akan tetap memakai baju dinas ini, “ kata Mayor ( TNI AU ) Bapak Lumban Gaol pada Bens Leo dari Xpose Indonesia.

Pak Mayor ini akhirnya memang mendapat trophy Juara Pertama Kategori Umum melalui lagu “Rinduku Padamu” karya SBY yang dinyanyikan dengan iringan music live, juga berhak atas uang tunai Rp. 10juta, dari SBY dan Telkomsel. Juara 2 merebut tropy dan uang tunai Rp. 7 juta, Juara 3 Rp. 4 juta,Harapan 1 Rp. 3 juta dan Harapan 2 Rp. 2 juta, dari masing-masing kategori. Acara penutupan diisi oleh penampilaan Joy Tobong, Rio Febrian dan Koes Junior, para pernyanyi yang pernah mengisi album rekaman SBY.

Digelar di Alun -Alun Pacitan tanggal 16 dan 17 Oktober 2013, LMLAKC SBY 2013 ini menjadi pertunjukan termegah di Pacitan, kota kelahiran SBY, dengan setting panggung 30x20 meter, tata lampu dari Mata Elang, tata suara 60.000 watts, dan pengaaman superketat, karena – bagaimanapun juga, SBY sebagai penyelenggara, juga punya kapasitas sebagai Presiden RI…. (XPOSEINDONESIA /Bens Leo, Foto : Dudut Suhendra Putra).

More Pictures

Last modified on Friday, 18 October 2013 10:51
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...