NOAH : “6.903 Mil” yang Bersejarah & Tak Terlupakan

13 September 2013

Kelompok band  Noah meluncurkan  buku baru.  Diberi judul “6.903 mil” ditulis oleh Candra Gautama dan Hidayat A. Judul ini  berkaitan dengan jarak perjalanan  Ariel,  Lukman, Reza, Uki, dan David  ketika menggelar konser 5 Negara 2 Benua,  dalam 1 hari pada 16 September 2012. Sebuah konser  bersejarah yang tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Menjawab Pertanyaan Umum

Pada saat  press conference untuk peluncuran  buku “6.903 mil”,  (13/13/ 2013)  di Gedung Arsip Nasional,  Ariel menyebut  ide buku ini  lahir  setelah  banyak orang  selalu  bertanya  tentang  pengalaman  mereka ketika menjalani konser bersejarah itu.  “Jadi, kami pikir  pantas untuk dibukukan!  Karena telah menjadi pertanyaan umum yang sering sekali diajukan!”

Bagi Noah, buku ini merupakan dokumentasi pertama perjalanan mereka sebagai sebuah band.  Ditulis dengan  gaya  catatan harian, yang mengisahkan persiapan dan perjalanan sepanjang konser 2 Benua 5 negara.  Dan  tentu,  di dalamnya termuat  pula ketegangan, kekonyolan  yang membaur dengan  beragam persoalan;  mulai dari sulitnya mendapatkan izin bagi Ariel  karena masih berstatus  bebas bersyarat, rumitnya mengurus visa Australia, David  yang harus rajin minum obat dan lain-lain.

Ukie  mengaku  sangat puas dengan pengerjaan buku ini.  Ia  menyebut proses  pengerjaan  buku  baru terasa rumit   ketika Noah harus  ikut menyeleksi foto-foto yang  akan dimasukan ke dalam buku.  “Banyak foto yang tersedia,  banyak  foto  yang tidak bisa termuat karena keterbatasan halaman.”

Ada beberapa kejadian  lucu, di tengah press conference  berlangsung.  Misalnya, saat  Pembawa  Acara   bertanya,  “Kenapa  dalam buku  ini  tidak ada  foto Noah  saat sedang berada di pesawat pribadi yang membawa  Noah berkeliling ke 2 Benua dan 5 Negara?” 

Dan dengan sigap Ariel menjawab:  “Sebetulnya  stock foto banyak.  Kita  banyak membuat  foto dalam pesawat!  Tapi, hasilnya  goyang semua. Jadi ya,.... tidak  layak untuk dimuat!”

Pertanyaan   terkesan  menggoda  muncul  dari seorang wartawan.   Kataya, “Mengapa ada  foto perempuan  berbaju merah bersama Ariel di  halaman  akhir  buku itu? Siapa dia? “

Mendengar pertanyaan itu  semua personil  Noah,  terutama  Ariel, berupaya  menemukan foto yang dimaksud. Celakanya, foto yang dimaksud sulit ditemukan.

Setelah dipandu  sang wartawan bahwa foto itu terdapat di halaman 193,  mendadak terdengar  tawa pecah.  “Itu sih  Sobat Noah yang  motret dekat poster Ariel, saat di Gandaria City!”  Posternya aja bagus! Apalagi orangnya!” teriak MC.  Dan seluruh ruang  riuh dengan gelak tawa.  Ariel tertawa lebar dengan gayanya yang khas.  Yakni kedua matanya tertutup.

Sejarah Yang  Pop

Bagi  XposeIndonesia,  “6.903 mil”  sudah sepantasnya  diterbitkan. Sedikit  supergrup  band di negeri ini yang  bisa menerbitkan catatan perjalanan pentas mereka.  Padahal,  ini  bukan hanya menjadi sejarah pribadi band yang bersangkutan. Melainkan juga  menjadi sejarah perjalanan  panggung  musik di  negeri ini. 

Buku  setebal  232 halaman  tersebut,  dicetak  terbatas  hanya 693  examplar.  Memperlihatkan  40 persen   halaman  berisi naskah,  sisanya  beragam foto. Pada akhirnya,  ini   berhasil menjadi  buku yang  “pop”. Enak saat dilihat, sedap  pula saat dibaca. 

Konsep  tata  letak dikerjakan dengan rapi,  di tengah   ratusan foto-foto menawan. Terutama  lagi  foto di balik panggung,  foto-foto keseharian Noah yang  belum pernah dipublikasikan,  --termasuk  foto di saat tidur juga foto Ariel  dengan paha  yang  kelihatan ---  Semua  foto tersebut menguatkan “6.903 mil”   menjadi istimewa, terutama bagi fans fanatik

Bagi yang  belum memiliki   “6.903 mil”, bisa  mendapatkannya   lewat www.bukukita.com , www.grazera.com , www.blibli.com dan Noah Store. Dengan membayar Rp 1 juta,  Anda akan  mendapatkan  buku dalam format hard cover,   ditambah CD Gold Album "Seperti Seharusnya" yang bertanda-tangan personil NOAH, 10 lembar foto Personil NOAH plus Sertifikat buku. (Nini Sunny. Foto Dudut Suhendra Putra)

More Pictures

Last modified on Tuesday, 17 September 2013 03:46
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...