“Ratu Sejagad” Vonny Sumlang : Come Back

27 October 2013

Dikenal dengan superhit ‘Ratu Sejagad’ dan sepuluh tahun absen rekaman, lalu kini merilis album baru, itulah Vonny Sumlang. Album baru dengan 8 lagu diberi judul ‘Kekuatan Cinta’.

Sepuluh Tahun Absen, kini Independen

Bagi Vonny Sumlang, tak ada kata ‘berhenti berkarya’ pada saat talenta menyanyi dan bereksplorasi masih ada, “Ada sesuatu yang baru di album Kekuatan Cinta ini, yakni saya bekerjasama dengan Music Director yang masih muda, gagasan baru masih fresh, yang membiarkan saya bekerja lumayan liar di album sendiri, yakni saya dibolehkan menulis lagu sendiri untuk album ke sembilan saya ini, “ kata Vonny Sumlang membuka percakapan. Dan anak muda yang dimaksud itu adalah Johnwill Dama, musisi dan pencipta lagu asal Palu, yang setahun terakhir bekerja total untuk Vonny Sumlang.

‘Saya merasa tersanjung dibolehkan bekerjasama dengan salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki karakter vocal sangat kuat, dengan teknik vocal bagus. Pekerjaan saya relative gak berat, karena buat Directing Vocal-nya, paling banter saya cuma meminta Mbak Vonny merem kebiasaan improvenya di panggung. Seperti kita tahu, image Vonny Sumlang adalah jazz singer,” balas Johnwill.

Sekitar satu tahun yang lalu, Vonny berjumpa dengan Johnwill dalam event music di Jakarta. Mereka saling tertarik untuk membuka kerjasama, “Karena hampir Sembilan tahun saya nggak rekaman, saya lihat dan dengar lagu ciptaan Johnwill bagus, dia juga vokalis sebuah band, karakter vokalnya juga edaaaannn,” komentar Vonny. Maka, dimintalah demo tape lagu dari Johnwill, dan sejak April 2012 itu, pengumpulan lagu dimulai.

Vonny dan Johnwill sadar, membuat single akan sia-sia jika target rekaman ini adalah untuk mendapat apresiasi buat seorang penyanyi bisa manggung, menjadi performer kembali. Apalagi sampai tahun 2013 ini, Vonny sudah ‘satu dekade’ (sepuluh tahun), tidak merilis album baru, untuk bisa manggung dengan durasi panjang, maka harus ada album baru, bukan cuma single-satu lagu.

‘Dan saya benar-benar independen, bekerja sendiri, mengkonsep album bersama teman satu visi yakni Johnwill, ada mas Bens Leo juga sebagai pelaksana produksi da nada seseorang yang ikut membantu finansial, tapi gak mau disebut namanya. Sebut saja ini produksi, indepen lah….biaya sendiri.” Lanjut Vonny.

Menulis 2 lagu, 1 lirik

Yang istimewa, Vonny Sumlang ikut menulis 2 lagu dan satu lirik pada album Kekuatan Cinta ini “Karena keterbatasan saya yang gak bisa main alat music, saya menulis lagu dengan cara bersenandung, merekamnya melalui HP, lalu menulis liriknya. Johnwill yang melanjutkan bagan lagunya dan menulis aransemennya. Dua lagu ciptaan saya Love Oh Love dan Yang Kusayang. Dua lagu ini menjadi balans isi album karena warnanya lebih nge-beat, enak buat di panggung, “kata Vonny, satu lagu yang melodinya dikarang Johnwill, liriknya Vonny dikasih judul ‘Terlalu Mencintaimu’, “Ini termasuk lagu favorit saya, kami pilih menjadi first single dengan video klip garapan Yudhistira Bima, Nicko Bisma dan Angga. Bersama Ratu Sejagad yang diaransemen ulang oleh Johnwill dan video klipnya digarap Bams D’way Band, kami masukkan 2 video klip itu sebagai bonus album Kekuatan Cinta Vonny Sumlang,” lanjut Vonny lagi.

Johnwill mengatakan, lumayan punya beban tatkala harus membuat aransemen ulang ‘Ratu Sejagad’ ciptaan Danny Mamesah dengan arasemen lama Yockie Suryoprayogo, “Pada saat Ratu Sejagad popular, saya masih berumur hamper 4 tahun, tapi lagunya bagus, membuat karakter Mbak Vonny sangat kuat, dan arragernya mas Yockie, legend banget… Saya harus membuat lagu ini beda, akhirnya saya bikin sebuah tema aransemen yang riang, ada raggaenya, ada suflenya dan memasukan software tepuk tangan,”cerita Johnwill Dama.

Ak kalah menarik tatkala Vonny Sumlang berhasil merayu Johnwill untuk menjadi teman duetnya pada lagu ‘Takkan Satu’ (Johnwill), “ Konsekuensinya saya harus terus mendapingi Mbak Vonny jika manggung, dan mbak Vonny memang terfikir hanya saya yang bisa nyanyi bagus ha ha ha,” Johnwill tertawa. Juga yang harus disebut sebagai eksploratif adalah ‘Palsu’ (Johnwill), yang menampilkan aransemen music modern, elektronika yang terdengar ‘sangat digital’. Johnwill masih menulis lagu ‘Walau Sesaat’ yang diaransir minimalis dengan piano dan string yang lembut dan ‘Maafkanlah’ lagu favorit Vonny Sumlang lainnya, yang mengharuskan Vonny mengeluarkan teknik vokalnya.

Resto Berbagai Masakan

Vonny Sumlang membuka karier rekamannya tahun 1986 lewat album Kau Lelaki dengan music Director Yockie Suryoprayogo. Pada tahun yang sama, nama Vonny Sumlang lekat dengan music jazz, karena keterlibatannya sebagai vokalis band Bhaskara, yang mengantar Vonny bermain di Northsea Jazz Festival (Belanda). Yockie masih mendirect Vonny pada lagu hit ‘Ratu Sejagad’ (Danny Mamesah) yang mengantarkan popularitas Vonny Sumlang melalui panggung music pop.

Vonny Sumlang juga bekerjasama dengan sejumlah nama arranger dan pencipta lagu kondang, seperti Erwin Gutawa, Irianti Erningpraja, James F.Sundah. tahun 2008, sempat merilis album duet dengan Ivan Nestorman, seorang vokalis asal NTT, dengan nama grup Vivo. Salah satu hitnya berjudul ‘iseiso’ berbahasa Flores dan Indonesia. Tahun 2010 dirilis kompilasi album pop jazz bersama Rien Djamain dan Mawar AFI. Rentang waktu 2008-2010, Vonny juga merekam lagu-lagu gospel. Musik Gerejawi, ‘Jadi ibarat restoran, saya ini adalah penyanyi dengan berbagai macam masakan dan selera,’ ujar Vonny sambil melepas tawa.

Kini Vonny Sumlang focus dengan album ke 9-nya Kekuatan Cinta dengan distribusi Krecima Record. Ia  bertekad, come back-nya akan diapresiasi,” saya yakin, banyak yang kangen dengan karakter vocal Mbak Vonny Sumlang, Jauh hari saya suadah siapakan sequencer dan musisi yang siap mengiringi Vonny Sumlang secara live,” tutup Johnwill Dama. (XPOSEINDONESIA BENS LEO FOT0 : IWB)

More Pictures :

Last modified on Thursday, 06 March 2014 04:43
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...