Alif Lam Mim Mencari Kebenaran

29 September 2015

Film karya  sutradara Anggy Umbara ini berputar  pada kehidupan di tahun 2036 dan menceritakan Indonesia, dengan masyarakatnya  yang hidup “aman” juga intoleran terhadap ekstremis suatu agama.

Di jaman itu atas nama  hak azazi manusia, aparat keamanan  hanya diijinkan menggunakan peluru karet. Dan, kepercayaan  terhadap agama nyaris tidak ada. Mereka yang masih mengerjakan sholat, dicurigai sebagai  sosok “membahayakan”. 

Di luar itu,  setiap warga negara  wajib memiliki kemampuan bela diri. Pada level masyarakat tertentu, dengan jabatan tertentu kemampuan bela diri  wajib mendekati sempurna.

Kisah film ini  sendiri  kemudian berpusat  pada kehidupan 3 orang bersahabat, Alif (Cornelio Sunny), Lam (Abimana Aryasatya), Mim (Agus Kuncoro).  Saat remaja, ketiganya belajar di padepokan silat yang sama.  Perjalanan hidup membuat mereka memiliki pandangan yang sama tentang kebenaran dengan menjalani profesi berbeda.

Alif memilih karier sebagai polisi dan bertekad  memburu orang-orang yang telah menghilangkan nyawa kedua orang tuanya. Lam menjadi jurnalis dan menyuarakan kebenaran pada masyarakat melalui tulisan-tulisannya berdasaran fakta. Sementara Mim, mendalami ilmu agama dan mengabdi di pondok pesantren.

Cukup Panjang & Detail

"3 (Tiga)" yang akan tayang pada 1 Oktober 2015 menampilkan karater kuat pada sejumlah pemain lain, seperti Donny Alamsyah, Prisia Nasution, Tika Bravani, Tanta Ginting, Teuku Rifnu Wikana dan Verdi Solaiman.

Sang sutradara, Anggy terlihat tidak secara mentah menerjemahkan agama sebagai tameng di balik adanya kekerasan. Anggy dengan cukup panjang dan detail berputar untuk mengungkap bahwa ada organisasi lainnya yang terselubung dan terorganisir dengan rapi, yang berjuang untuk membenahi dunia dengan cara menghancurkannya terlebih dulu.

Anggy mengaku mendapat ide menulis kisah inspiratif  3 bersahabat bernama Alif Lam Mim dari mimpi. Bila nama itu dilihat dari huruf Arab, filosofi nama itu aan menggambarkan api, angin dan air, “Saya kemudian menerjemahkan dalam sifat ketiga karakter tersebut. Dan artinya memang bisa juga jadi multitafsir," kata Anggy seusai penayangan perdana film 3 di XXI Epicentrum, Jakarta, Senin, 28 September 2015.

Pria kelahiran 21 Noveber 1980 yang memulai karier di dunia iklan dan industri video musik ini mempersiapkan film “3” sepanjang tiga tahun. Dan menjalani syuting hanya 26 hari kerja dengan persiapan tiga bulan.

Sebelumnya, dibantu rekannya, Arie Untung dan Dicky Maland, Anggy membuat teaser berisi cuplikan-cuplikan adegan film untuk ditawarkan kepada pemilik rumah produksi.

Setelah berhasil membuat teaser dan mendapatkan Multivision Plus sebagai rumah produksi yang mendukung pembuatan film, Anggy meneruskan detail cerita itu dalam bentuk skenario. Untung mendapat cerita yang matang, Anggy dibantu dua saudaranya, Bounty Umbara dan Fajar Umbara.

Anggy mengaku memiliki waktu dua bulan untuk memasukkan efek computer-generated imagery (CGI).  "Kami menggarap CGI di sini. tidak ke luar (negeri)," tambah Anggy.

Khusus untuk  urusan bela sama dengan Cecep A Rahman sebagai koreografer bela diri dalam film berdurasi 125 menit ini.

Film “3” menggunakan teknik kamera berputar, yang sebetulnya sedikit membuat penonton kurang nyaman, dalam menonton adegan perkelahian.

Film action yang menggunakan alur lambat dan menonjolan kekuatan dialog di antara tokohnnya ini, kelihatannya  tidak serta merta berakhir di ujung film. Anggy sepertinya sengaja membiarkan cerita berakhir dengan tafsir yang terbuka. Akankah ada sekuel lanjutan film “3”? "Biar waktu yang menjawab," kata Anggy yang memulai karier film layar lebarnya lewat film “Mama Cake” (2012). XPOSEINDONESIA-NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Wednesday, 30 September 2015 00:04
Login to post comments

Film

November 16, 2017 0

Satu Hari Nanti : Mencari Esensi Cinta & Kehidupan

Rumah Film bersama dengan Evergreen Pictures memproduksi...
November 13, 2017 0

Deddy Corbuzier Nyanyi untuk Soundtrack Film Knight Kris

Sebuah film animasi baru bertajuk Knight Kris  bakal...
November 3, 2017 0

Wage Proses kreatif ‘Indonesia Raya’ 3 Stanza

Wage atau Wage Rudolf Supratman, biasa ditulis WR...
October 25, 2017 0

Film Hujan Bulan Juni : Puisi Mantra Cinta yang Kurang Menggigit

Proses alih wahana dari novel "Hujan Bulan Juni" karya...