Film Lamaran : Benturan Budaya Batak & Sunda

09 July 2015

Acha Septriasa tampil jadi Gadis Batak  yang tegas, galak  kadang kocak dalam film bertajuk “Lamaran”. Film bergenre komedi yang digarap sutradara Monty Tiwa itu  mempertemukan Acha dengan Reza Nangin sebagai pasangan kekasih yang dipaksa berjodoh.

 

Memerankan  karakter Tiar Sarigar, Acha  mengaku  sempat tidak PD “Saya setengah mati gak pede karena karakter Tiar itu ambisius dan agak gesrek," ungkap Acha dalam konferensi pers di XXI Epicentrum, (8/7/ 2015).

Tiar sendiri berprofesi sebagai pengacara muda ambisius, dan belum punya pacar yang karirnya melejit berkat keberaniannya membela Basuki, klien untuk kasus korupsi kelas kakap yang melibatkan Arif Rupawan, seorang bos mafia.

Gara-gara liputan media, Tiar yang pintar juga cantik itu endadak terkenal dan membuatnya menjadi sasaran ancaman pembunuhan dari Arif yang takut Tiar akan membongkar keterlibatannya.

Muncul, dua super agent Ari dan Sasha  yang melindungi Tiar. Dengan segala keahlian dan kadang menghalalkan segala cara, keduanya ditugaskan melindungi Tiar,  termasuk merekrut resepsionis kantor Tiar yang polos, Aan,  untuk jadi mata-mata dengan cara disetting menjadi pacar Tiar.

Aan mau saja, karena diam-diam ia  juga memendam cinta pada Tiar, Namun celakanya,keberadaan Aan sebagai “pacar” Tiar ditanggapi serius keluarga besar Tiar, yang langsung memprotes Aan yang bukan orang Batak.

Konflik berdatangan menghadang percintaan Aan dan Tiar. Misalnya  muncul pria Batak yang dianggap lebihlayak berjodoh dengan Tiar, hingga benturan budaya Batak dan Sunda antara orang tua Aan dan Tiar.

Sejumlah pemain berbakat dilibatkan. Di antaranya Dwi Sasongko, Cok Simbara, Restu Sinaga, Mak Gondut, Ari Kriting, Sacha Stevenson, dan lain-lain.

Monty Tiwa menyebut, walau “Lamaran” digarap sebagai film komedi, ia tetap menyisipkan pesan moral yang kuat. Salah satunya pesan untuk hidup saling mencintai dalam keberagaman budaya. "Dari dulu, saya tertarik dengan film yang memuat tema benturan budaya," ujar sutradara kelahiran 228 Agustus 1976 ini. XPOSEINDONESIA/NS  Foto : Muhamad Ihsan

Login to post comments

Film

June 11, 2018 0

Film Target Tontonan Libur Lebaran 2018

Soraya Intercine Films, Sabtu (9/6/2018) menggelar gala...
May 28, 2018 0

Film ‘Lima’ : Lola Amaria Cs Menerjemahkan Pancasila dengan Cemerlang

Film ‘‘Lima’” adalah sebuah film tentang bagaimana...
May 12, 2018 0

Film Zeta : Zombie Pertama di Indonesia.

Ini film tentang zombie yang sangat berbeda dari film...
May 11, 2018 0

Film "Anak Negeri Megalith" Sebar Bea Siswa untuk 68 Orang

Rumah produksi Benning Pictures menghadirkan film bertajuk...