Cabe-Cabaean Naik ke Bioskop

31 May 2015

Fenomena “cabe-cabean”  marak tahun lalu. Istilah  ini merujuk pada gadis belia usia SMP-SMA yang dinilai murahan atau bisa disebut jablay. Mereka kerap meniru  dandan dan gaya orang dewasa.  Dengan hobi keluyuran dan nongkrong di dunia balap liar.

 

Pendeknya istilah ini bisa diartikan perempuan berusia tanggung,  yang  menjalani kehidupaan tidak benar dari usia dini. Bukan  hal baru, bahwa banyak yang terjerumus dan ikut-ikutan  kehidupan ala cabe-cabean.
 
Berangkat dari situasi dan keprihatinan  pada fenomena  cabe-cabean  itulah, RK23 Pictures memproduksi film berjudul ‘Cabe-Cabean The Movie’. Film ini disutradarai Endri Pelita, dibintangi aktor dan aktris remaja seperti di antaranya; Yuki Kato, Ciccio Manassero, Ratu Intan, Ruby dan David John Schaap.

“Hidup itu pilihan. Banyak anak muda yang terjerumus ke sana (menjadi cabe-cabean). Film ini mencoba memberikan pesan,  agar mereka menemukan jalan yang baik dan benar.  Produksi film ini bukan aji mumpung,  ,” kata produser Erna Pelita, di acara Media Gathering film ‘Cabe-Cabean The Movie’ di kantor RK23 Pictures, Jl. Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (29/5/2015) siang.

Film ‘Cabe-Cabean The Movie’  bercerita tentang tiga remaja tanggung dengan latar belakang berbeda,  namun sama-sama menikmati kesenangan di lokasi ‘kelam’ dan terjerumus jadi cabe-cabean.

Di sini penonton juga  akan terangkat adrenalinnya, lantaran  melihat dan mendengar bising mesin motor dalam berbagai gaya modifikasi. Motor itu dipacu jawara-jawara motor balap jalanan Ibukota,  berbaur dengan shuffle dance, atraksi freestyle, adu kecepatan dan stylish remaja masa kini yang bergejolak.

Menurut Erna, kehidupan anak muda selalu menarik untuk dituangkan dalam sebuah film.  “Ide-ide tak akan pernah habis untuk digali. Selain menampilkan gejolak anak muda, film ini juga sarat akan adrenalin yang memacu semangat penonton untuk melihat lebih dekat kehidupan jockey motor balap jalanan serta sosok yang dijuluki Cabe. Semoga film ini dapat dinikmati oleh pencinta film Tanah Air,” terang Erna penuh harapan.

Sang sutradara Endri Pelita, “Kesulitan dalam membuat film ini  justru pada  istilah-istilah yang sering digunakan remaja saat ini. Beruntungnya saya mendapat masukan dari para pemain. Yang perlu ditegaskan adalah, dalam film ini  saya tidak menghakimi, saya mencoba memberikan pilihan,” tutur Endri Pelita.

Sementara itu, Yuki Kato  yang menjadi pemeran utama film  ini mengaku ‎prihatin dan iba kepada mereka yang terjerumus dalam pergaulan itu.  “Bisa jadi  mereka terjerumus karena kurang perhatian dari orang tua dan keluarga. Mereka anak-anak  yang rapuh . Harus ada yang mengarahkan mereka ke jalan yang benar," tutur Yuki.

Dan lewat perannnya dalam film ini,  Yuki  yang masih duduk sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini berpesan bahwa perilaku remaja yang demikian bukanlah pilihan hidup yang bijaksana.

‘Cabe-Cabean The Movie’  produksi RK23 Pictures ini akan dirilis pada 4 Juni 2015. XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra

Login to post comments

Film

September 26, 2018 0

‘Something in Between’ Drama Percintaan Penuh Teka Teki

“Bagaimana mungkin sesuatu yang tidak pernah kita alami,...
September 24, 2018 0

Aruna dan Lidahnya: Makanan lezat dan Obrolan Bermutu

Film ‘Aruna dan Lidahnya’  yang disutradarai Edwin adalah...
September 14, 2018 0

Liku Liku Wujudkan Cinta Masa Remaja dalam Film Belok Kanan Barcelona

Starvision kembali merilis film dengan tema percintaan...
September 4, 2018 0

Della Perez Gantikan Mendiang Jupe di Film Jejak Cinta.

Rumah produksi Trazz Production dan Scene Film menggelar...