12 January 2018 Published in On Location

Erwin Arnada  menyutradarai film bergenre horor berjudul 'Nini Thowok' yang diproduksi rumah produksi TBS Film dengan scenario digarap Alim Sudio. Erwin  punya alasan mengangkat  kisah Nini Thowok. “Dia  adalah brand yang sudah banyak orang tahu," ungkap Erwin di tengah acara rilis official trailer, poster dan original soundtrack (OST)  film ini di The Hook Resto & Bar, Senopati. Kamis (11/1/2018).

08 January 2018 Published in Stars

Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo) merilis dua film pendek, akhir pekan lalu. Film pertama  bertajuk Perjuangan Bukan Kata-kata karya Ronny Dozer, dan film kedua berjudul Kasih Ibu Sepanjang Masa karya sutradara Irfan Wijaya. Kedua proyek tersebut merupakan kerja bareng Pafindo bersama PT Multi Cahaya, dibintangi serta dieksekusi oleh para anggota dan pengurus Pafindo.

05 January 2018 Published in Stars

Pertumbuhan bisnis perbioskopan di Indonesia terlihat semakin menggembirakan. Sampai akhir Desember 2017, jumlah  layar untuk seluruh Indonesia adalah 1500 layar.  “Memang ada bioskop  baru yang buka, ada pula biokop lama yang tutup," ungkap H. Djonny Syafruddin  SH, Ketua  Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (Dalam pantauan GPBSI) periode 2017-2022 saat mengumumkan kepenguruan baru GPBSI kepada wartawan di Jakarta Pusat,  Rabu (3/2/2018).

13 December 2017 Published in Stars

Aktris Natasha Rizki (24) tahun terpaksa meninggalkan sang suami Deddy Mahendra Desta dan dua anak balitanya, Megumi Arrawda Sachi dan Miskha Arrawfa Najma  demi melaksanakan syuting film Assalamualaikum  Calon Imam  (ACI) yang diadakan di  Makassar. “Kali ini cuma lima hari kok. Dan sudah dapat izin dari suami,” kata perempuan berdarah Padang kelahiran, 24 November 1993.

12 December 2017 Published in On Location

Film drama percintaan bernuansa religi  berjudul  Assalamualaikum Calon Imam (ACI) yang diadaptasi dari whattpad dan novel karya Ima Madaniah memasuki proses syuting yang mengambil lokasi di Makassar. Santi Muzhar, selaku produser film dari rumah produksi Prized Productions Film menyebut ACI pantas dibuat, “Lantaran  sebelum jadi novel, versi whattpadnya sudah dibaca 3,7 juta orang,” ujarnya anthusias pada Muhammad Ihsan  dari XPOSEINDONESIA di Makassar.

11 December 2017 Published in On Location

Film bergenre  horror sedang dimintai penonton film Indonesia.  Data dari filmindonesia.or.id menunjukkan hingga November 2017 terdapat 20  judul film horor yang sudah dan akan masuk ke gedung-gedung bioskop.  Dan  empat judul di antaranya meraih jumlah penonton di atas satu juta.

08 December 2017 Published in New Movies On This Week

Film untuk 21 tahun ke atas seperti apa? Tontonlah Satu Hari Nanti  yang diputar sejak Kamis, 7 Desember 2017.  Dan ternyata, pecinta film tanah air cukup antusias menyambut kehadiran film ini dalam pemutaran hari pertama di bioskop. Di berbagai kota penonton dibuat penasaran dengan label klasifikasi usia 21 tahun ke atas.

07 December 2017 Published in New Movies On This Week

"5 Cowok Jagoan " adalah tontonan ringan juga segar. Film besutan sutradara Anggy Umbara ini mengangkat kisah Yanto (Ario Bayu) yang berprofesi sebagai cleaning service dan merasa harus menyelamatkan kekasihnya Dewi (Tika Bravani) yang diculik oleh segerombolan penjahat. Yanto mengumpulkan kawan-kawan masa kecilnya Dedy (Dwi Sasono), Lilo (Muhakdly Acho), Danu (Arifin Putra) dan Reva (Cornelio Sunny) untuk membantunya.

Di tengah usaha penyelamatan muncul tokoh cewek jagoan bernama Debby (diperankan Nirina Zubir), yang kemudian membawa mereka pada sebuah petualangan gila yang tak terbayang.  Di tengah huru hara ini, para  jagoan baru tahu, Yanto ternyata belum pacaran dengan Dewi. Dia hanya memimpikan Dewi sebagai pacar. Kelima cowok Mereka juga baru sadar  yang dilawan bukan hanya manusia tapi juga para zombie yang hidup  di bawah tanah karena vaksin buatan Dewi yang dimanfaatkan oleh bosnya.

"Ini film action comedy dengan penampilan zombie pertama di Indonesia,” ungkap Anggy Umbara dalam press conference  film ini. “Kalau action zombie yang horor dulu ada, namanya Kampung Zombie. Tapi ini  full action, beneran berantem dan komedi situasi yang lucu. Karena ini pertama kalinya di Indonesia pastinya tantangannya tinggi. Dari segi teknis, cara membuat zombie-zombie, karakternya harus keluar, ada fokus dan kedalaman sendiri yang nggak boleh salah," ujar sutradara berusia 35 tahun ini.

Menurut Anggy, menggarap film laga komedi di Indonesia butuh kehati-hatian yang ekstra. “Film komedi memiliki standar sendiri di mata penonton film Indonesia. Sebuah film bisa dikatakan lucu kali bisa bikin sutradara dan kru produksi tertawa data shooting, ucap Anggy.

Di luar soal itu, menurut Anggy. "Kita dilarang bikin film kocak yang katrok. Cerita harus dikuatin, enggak cuma lucu tapi tetap ada story-nya, ada goal cerita mau menuju ke mana. Jelas pegangan 5W+1H-. Pemain mesti bagus, produksi dijaga, sinematik, efek-efeknya, slow motion-, artistik, komedi tetap dijaga dari awal sampai akhir," ujarnya.

Aktor Serius Diarahkan Jadi Komedian

Dalam soal pemeran, Anggy Umbara menyebut, ia sengaja memilih the real aktor untuk bermain dalam film komedinya. Dan rata-rata aktor yang terbiasa bermain drama serius. Hanya Muhakdly Acho yang selama ini tenar sebaai stand up comedy.   “Ini sengaja untuk mengubah mindset yang ada, bahwa film komedi hanya cocok diperankan komedian. Terbukti, tidak selalu begitu!”

Di luar soal pemeranan, skenario garapan comedian Arie Kriting dan Anggy Umbara ini harus diakui cukup kuat sehingga unsur humor sangat terasa. Bahkan, meskipun banyak adegan berlumuran darah serta adegan action yang cukup intens, penonton bisa tertawa di setiap adegan yang muncul.

Meski judul filmnya 5 Cewek Jagoan, peran Debby  sebagai salah satu jagoan  cewek terasa sangat dominan.   Mungkin karena aksi akrobatiknya yang keren, mungkin  juga karena penampilan  dari ujung rambut hingga ujung kakinya yang memukau. “Awalnya saya tidak yakin  perut bisa rata lagi. Maklum saya sudah punya dua anak. Tapi Saya dan teman-teman latihan di Gym sampai 10 jam dalam sehari, “ kata Nirina. Ia juga mengaku ingin tampil di film laga ini tanpa stunt. “Hanya satu adegan  di mana saya harus melompat, yang tidak diijinkan sutradara untuk saya lakukan sendiri!”

Film berdurasi 1 jam 46 menit ini  akan mempertemukan Anda dengan kekuatan lagu  “Poco Poco” yang dapat menghipnotis zombie, sehingga  mereka tidak bisa mengejar manusia, dan hanya focus berjoget.  Sungguh bagian detail begini memperlihatkan Anggy sutradara yang Cerdas!

Film produksi MVP Pictures bekerja sama  Umbara Film  ini sesungguhnya memperlihatkan semangat kolaborasi dari dua generasi. Pada 1980 silam, ayah Anggy Umbara yakni Danu Umbara yang juga sutradara kenamaan pernah bekerja sama dengan Raam Punjabi sebanyak delapan film antara lain Senggol-Senggolan yang menampilkan Elvy Sukaesih, 5 Cewek Jagoan, 5 Cewek Jagoan Beraksi Kembali,  dan Perhitungan Terakhir.  Kini Anggi berkolaborasi dengan AmritPunjabi, putera Raam, dan melahirkan  film "5 Cowok Jagoan" yang merupakan prekuel dari "5 Cewek Jagoan",  yang pernah diproduksi Danu Umbara alm dengan Ram Punjabi.
XPOSEOINDONESA/NS Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

Film

January 8, 2018 0

Pafindo Rilis 2 Film Pendek, Trailer Film Horor & Mars Organisasi

Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo) merilis dua...
January 5, 2018 0

Ketua Umum GPBSI : di 2018-2019 Akan Tumbuh 500 Layar Bioskop Lagi

Pertumbuhan bisnis perbioskopan di Indonesia terlihat...
December 13, 2017 0

Natasha Rizki Ninggalin Keluarga Demi ACI

Aktris Natasha Rizki (24) tahun terpaksa meninggalkan sang...
December 8, 2017 0

“Satu Hari Nanti” Khusus untuk 21 Tahun ke Atas

Film untuk 21 tahun ke atas seperti apa? Tontonlah Satu...