Blacklnnovation 2016 : Wadah Kreatif Indonesia Hari Ini dan Masa Depan

26 August 2016

Saluran dalam menciptakan  kreativitas  anak muda Indonesia  makin terbuka lebar, dengan diadakannya  kompetisi kreatif yang digagas BlackXperience.com.Ini merupakan ajang kompetisi inovasi dan kreatifitas dari Blacklnnovation yang kedua. Setelah sebelumnya diselenggarakan pada 2015.

Gege Dhirgantara, wakil BlackXperience.com,  menyebut kompetisi inovasi di tahun 2016 ini merupakan kelanjutan dalam mengembangkan produk produk inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.  ”BIackXperience.com membuka ruang kreativitas anak bangsa, yang pada dasarnya memang sudah kaya akan ide inovasi untuk pengembangan Indonesia”, jelas Dhirgantara dari BlackXperience.com, di Jakarta, kemarin.

Dengan tema “Convert your Ideas into ValuesBlackInnovation 2016 memperluas kategori inovasi tidak hanya inovasi produk untuk digunakan sehari-hari, namun juga meliputi produk digital kreatif. “Contohnya pengaplikasian informasi kota pintar (smart city), seperti informasi banjir, notifikasi gempa dan tsunami, atau sekedar aplikasi digital dalam rumah tangga,” ujar Dhirgantara

Pendaftaran acara ini terbuka untuk umum mulai dari Agustus 2016 hingga November 2016. Para peserta Blacklnnovation 2016 akan melewati penyeleksian oleh penjurian internal, presentasi, mentoring, dan penjurian pada bulan November 2016.

Sekitar 30 peserta terbaik akan melakukan presentasi penjurian di akhir November 2016. Kemudian tersaring 15 peserta terbaik akan melanjutkan tahapan penjurian dan mentoring melalui pembuatan dari ide inovasi ke mock-up (contoh produk) dan presentasi 15 besar peserta tersebut di depan para juri.

Pihak Blacklnnovation 2016  berencana melakukan roadshow ke sejumlah kampus di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Malang, September untuk mencari bakat dan ide kreatif yang ikut diperlombakan.” “Kehadiran kami di berbagai kampus tersebut untuk memberikan motivasi berinovasi bagi civitas akademi yang pada dasarnya memiliki energi gagasan yang cukup besar. 

Kami akan berbagi pengalaman dan berdiskusi terkait ide inovasi yang dapat dikembangkan untuk kehidupan masyarakat di Indonesia.”

Penjurian dilakukan secara independen oIeh 7 juri pengamat dan praktisi inovasi. Danny Oei Wirianto (CMO GDP Venture), M. Yukka Harlanda (CEO Bro.Do), Achmad Fadillah (Desainer Produk), Aulia Faqih (CEO & Founder dirokit.com), Svasti Manggalia (Owner SvasLiving), Rama Raditya (CEO Qlue), dan Budi Suwarna (Jurnalis Senior) akan melakukan penjurian saat presentasi inovasi peserta.

Blacklnnovation 2016 sudah menyiapkan hadiah berupa uang tunai untuk para pemenang dan paket perjalanan Innovation Journey ke industri kreatif di manca negara. Tertarik? Silahkan daftar diri Anda di BlackInnovation 2016 secara online melalui blackinnovation.blackxperience .com. /XPOSEINDONESIA - NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Sunday, 28 August 2016 01:20
Login to post comments