Sumsel Akan Gelar International Air Show

11 March 2015

Pangkalan Udara Palembang  siap menggelar event kedirgantaraan akbar bertajuk “Sriwijaya International Air Show 2015” (SIAS 2015) yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi TNI Angkatan Udara  dan Provinsi Sumatera Selatan.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Palembang Letnan Kolonel Penerbang Sapuan, S.sos menyatakan optimisme ajang dirgantara berkelas internasional tersebut akan sukses diselenggarakan. Ini  berkaca pada padunya kerjasama pelaksanaan Gebyar Dirgantara Srwijaya tahun 2014 yang dilaksanakan Lanud Palembang dan Pemprov Sumsel.

“Sriwijaya International Air Show 2015 adalah ajang air show internasional yang baru pertama kali diselenggarakan di Sumsel. Selain ajang tersebut digelar bersamaan ajang International Paramotor Competition 2015, kita sudah berpengalaman bekerjasama dengan Pemprov Sumsel,” ujarnya dalam Grand Launching Sriwiiaya lntemational Air dan Show dan Paramotor Show 2015 di Ballroom Hotel Aston Palembang & Conference Center beberapa waktu lalu.

Selain itu lanjut Sapuan, ajang SIAS 2015 akan terasa unik karena merupakan ajang air show pertama di Indonesia yang dilaksanakan dalam satu rangkaian kegiatan pertunjukan kedirgantaraan dan olahraga di udara.

Dia menjelaskan pusat kegiatan Sriwijaya International Air Show 2015 dan International Paramotor Competition 2015 digelar di Pangkalan Udara (Lanud) Palembang pada 30 April hingga 3 Mei 2015. Lokasi Lanud yang berdekatan dengan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II akan memudahkan akses bagi wisatawan nusantara dan internasional.

Pada kesempatan tersebut komandan Pangkalan Udara TNI AU Palembang Letnan Kolonel Penerbang Sapuan, S.sos menyatakan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang selama ini telah terjalin.

“Kegiatan ini merupakan kehormatan sekaligus bagian dari upaya untuk mengkampanyekan arti penting kedirgantaraan bagi pertahanan maupun perekonomian nasional. Asean Open sky yang dimulai tahun ini, akan membuka 19 bandara Indonesia yang berlabel internasional untuk dimasuki penerbangan Asean. Hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan,” paparnya.

Kegiatan Sriwijaya International Air Show 2015 dan International Paramotor Competition 2015 dengan tagline “Everything can fly at Sungai Musi” akan terasa akbar bagi warga Palembang disebabkan Dynamic Show dan Aerobatic tidak hanya dilakukan di langit Lanud Palembang tetapi juga di sekitar areal kota Palembang, stadion Jakabaring, Sungai Musi dengan melintasi Jembatan Ampera.

Rencana ini tidak main-main sebab tiga tim aerobatik kelas dunia yaitu Aero Trees dari Malaysia dan dua tim milik TNI AU yaitu The Jupiters yang berisi instruktur penerbang tempur dan tim helikopter Pegasus memastikan siap beraksi di atas kota Palembang.

Dalam Sriwijaya International Air Show 2015 dan International Paramotor Competition 2015, juga akan dipamerkan alutsista milik TNI dan Polri dan stakeholder lainnya, simulator pesawat, informasi sekolah pilot, klinik corner hingga hiburan dari artis ibu kota.

“Tidak boleh dilupakan di ajang ini juga digelar sejumlah lomba yang ditujukan bagi generasi muda agar semakin mengenal dunia dirgantara dan pameran pariwisata, kebudayaan, kuliner dan produk lokal. Malam penutupannya akan spektakuler. Hal yang spesial, akan ada Joy ride atau terbang menggunakan pesawat kecil bagi siswa berprestasi,” tutur  Letnan Kolonel Penerbang Sapuan, S.sos.

Menurut dia besarnya perhatian Lanud Palembang dan TNI AU pada generasi muda disebabkan sifat air show internasional selain merupakan ajang edukasi merupakan ajang promosi pesatnya kemajuan provinsi Sumsel yang memiliki 17 kabupaten dan kota secara tradisional dikenal kaya tujuan wisata karena keragaman budayanya. XPOSEINDONESIA Foto : istimewa

 

Last modified on Wednesday, 11 March 2015 11:22
Login to post comments