HIPI Gelar Hunbar Photography Serentak di 22 Kota

01 August 2016

Humanity Photography Indonesia (HIPI) sebuah group komunitas fotografi non profit yang berdiri July 2011 untuk pertama kali menyelenggarakan hunting foto akbar pada Sabtu, Juli 2016. Kegiatan ini  diadakan serentak di  22 Kota di Indonesia yakni  Jakarta, Bandung, Semarang, Sidoarjo, Solo, Jambi, Tembilahan, Banjarmasin, Tarakan, Tanjung Pinang, Toraja, Makssar, Maumere, Bima, Kupang, Tangerang, Bekasi, Aceh, Tegal, Purwokerto, Palangkaraya, Dompu.

 

“Di Jakarta  lokasi  hunting pemotretan  disebar di empat tempat yakni Kampung Pulo, Pasar Loak Jatinegara, Pasar Jatinegara, Terminal  Kampung Melayu,” kata Michael Founder Admin dan Kurator grup ini.

Khusus peserta  hunbar di Jakarta,  terkumpul sekitar 100 orang, mereka  dirancang memotret  di tempat-tempat yang sudah ditentukan, dengan gaya Street Fotography dalam kemasan tema  “Kita Peduli”. 

Menurut Michael tema foto itu memiliki harapan banyak. Setidaknya, melalui fotografi mereka ingin menggerakan kesadaran akan adanya kehidupan yang beragam di Indonesia, “Ini bisa didokumentasikan,  baik dari sisi kehidupan sosial, kebudayaan masyarakat. Dan tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan mendatangkan manfaat bagi kami sesama penyuka fotografi,”

Salah satu peserta hunting, benrama Evi menyebut senang ikut acara ini. “Karena bersama rombongan, saya enjoy aja masuk ke pasar sambil bawa kamera. Kalau sendiri  pasti tidak berani.”

Hunting foto sendiri dimulai sejak pukul 07.00 pagi  dan  berakhir pada pukul 10.00 WIB. Di akhir acara setiap peserta mengumpulkan dua foto terbaik, untuk diikutkan dalam lomba,” ungkap Michael lagi .

HIPI menurut  penuturan Michael sudah memiliki member sebanyak 17 ribu orang.   Member  datang dari  kalangan pemula maupun profesional. “Kami tidak membatasi member, mereka boleh saja para pemula yang menggunakan kamera handphone. Jadi kami membantu mereka untuk membuat foto yang baik,” ujar Michael.

Menurut pengamatan Michael, peserta kali ini kebanyakan para penggemar fotografi  juga fotografer profesional yang setiap hari memotret acara wedding.  “Mungkin mereka lagi jenuh, dan mau lihat sesuatu yang baru,” kata Michael.

Kegiatan hunbar 2016 ini disponsori perusahaan ternama, seperti Nikon, Viro, Homyped, FIF Group (Astra Finance), Kini, Lafotogalerie , DGRA dan MWP Studios.  Hasil foto hunbar dari para pesera wajib di share melalui Instagram. Panitia menyediakan hadiah berupa 3 (tiga) camera Nikon untuk 3 pemenang.

Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan join dengan komunitas HIPI difacebook (facebook.com/groups/humanityphotographyindonesia), InstaGram (@humanityphotoid)atau email ko-ordinator HIPI (This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.). XPOSEINDONESIA Teks dan Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

Login to post comments