FFI 2016 : Promosi di Mall, Biar Makin Dekat ke Masyarakat

22 July 2016

Festival Film Indonesia (FFI)  siap digelar pada November 2016 DU Teater Besar, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.  Ada beberapa hal baru, yang dirancang panitia  dalam pelaksanaan penghargaan tahun ini. 

Satu di antaranya,  “Kami sedang menggodok beberapa tambahan kategori penghargaan,” ucap Olga Lydia sebagai Ketua Bidang Penjurian, dalam jumpa pers  di Restoran Kembang Goela, Parking Lot Plaza Sentral, Jakarta, Kamis (21/7/2016). “Yakni Soundtrack Film dan Best Asian Movie. Kami juga menjalin kerjasama dengan Australian Film Institute. Saling bekerjasama untuk festival regional bergengsi dan Indonesia bisa dikenal melalui filmnya.” Olga menambahkan . 

Upaya ini dilakukan agar cakupan FFI semakin luas, baik dari dalam negeri maupun di tingkat regional. Selain itu, panitia juga menjalin kerjasama dengan Asian Best Movie serta Australian Film Institute. 

Dalam hal penjurian, Panitia FFI 2016 akan menggandeng 40 asosiasi profesi film untuk membantu menyeleksi film-film yang masuk. Mereka akan melakukan pemungutan suara dan memberikan rekomendasi film-film yang masuk, sehingga muncullah 15 film untuk diikutsertakan ke tahap penjurian berikutnya. 

"Tahun lalu, juri menonton film terlalu banyak. Kami coba mencari cara agar tak terjadi lagi. Dan ini kami memutuskan menggandeng 40 asosiasi profesi film untuk membuat daftar pendek film-film untuk masuk ke tahap penjurian berikutnya," ujar Olga. 

Selanjutnya, akan ada 100 orang juri yang ditunjuk panitia dalan menentukan lima nominasi terbaik di kategori masing-masing. Rencananya, pengumuman nominasi akan dilakukan pada Oktober 2016. "Hasilnya kita harapkan bisa lebih baik dan lebih fair, karena perhitungan oleh konsultan publik," kata Olga.

FFI sendiri diarahkan membawa misi  meningkatkan kualitas film di Tanah Air. Termasuk juga mendekatkan FFI pada masyarakat. “Caranya  kami akan mempromosikan FFI di lima titik Mall di Jakarta. Pihak panitia akan membuat ruang khusus untuk FFI di tiap Mall untuk bisa dilihat seperti foto-foto tentang film dan instalasi video. Dari situ, masyarakat awam bisa merasakan  seperti apa jadi sutradara. Dengan demikian orang-orang akan menjadi tertarik dengan film Indonesia", tutur Lukman Sardi, Ketua Pelaksana FFI tahun ini. 

Selain Lukman dan Olga,  panitia FFI dihuni Robby Ertanto (wakil Ketua Pelaksana), Reza Rahadian (Ketua Bidang Acara),  Wulan Guritno (Ketua Bidang Sponsor dan Event) dan Ade Kusumaningrum (Humas). XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Monday, 25 July 2016 11:31
Login to post comments