KRAKATAU REUNION TOUR 2016

03 May 2016

Nama Krakatau sebagai fusion band pernah besar sejak medio tahun 1980-an. Setelah vakum hampir 25 tahun, tahun 2014 enam personil Krakatau sepakat berkumpul lagi dengan nama Krakatau Reunion. Merekam album baru, siap merilisnya, awal Mei Krakatau Reunion menggelar tour 7 kota.

Reuni ‘Tak Terduga’

Trie Utami, vokalis Krakatau Reunion bercerita, “Kami kumpul lagi sebenarnya berawal dari pertemuan tak terduga. Seingat saya bulan April 2013, saya, Dwiki, Pra Dharma personil Krakatau yang tinggal di Bintaro pengen ketemuan di restoran Unpau, Bintaro. Lalu saya kontak Gilang yang tinggal di Kompleks Deplu dan Indra Lesmana, kami ngobrol apa saja, juga tentang musik. Dwiki bilang, ada Panitia yang nawarin Krakatau main. Kenapa nggak diambil? Lalu, saya kontak Mas Donny Hardono, malam itu juga kami bicara tentang reuni Krakatau”.

“Seingat saya, tepatnya tanggal 26 April 2013 rapat pertama tentang rencana reuni Krakatau, restoran Unpau itu sekarang sudah tutup, padahal itu resto bersejarah bagi Krakatau Reunion, “ lanjut Donny Hardono, pemilik vendor DSS Production dan Studio rekaman serta latihan. “Mas Donny Hardono adalah orang yang paling tahu sejarah Krakatau, sound Krakatau di rekaman dan panggung, sejak era personil Krakatau ikut Yamaha Light Music Contest, sampai rekaman dan tour Krakatau, “ tambah Trie ‘Iie’ Utami.

Indra Lesmana mengatakan, “Yang menarik adalah, kami harus menggung lagi dengan lagu-lagu lama yang hampir 25 tahun tidak dimainkan, ini sebuah tantangan bagi Krakatau Reunion.” Maka, lantas disepakati, Donny Hardono diminta menangani manajemen, termasuk menyiapkan sarana prasarana latihan, tempat Krakatau Reunion melalukan workshop, mencipta lagu baru secara bersama dan ikut mengonsep lahirnya album gres Krakatau Reunion. Basecamp-nya di DSS Studio, Pesanggrahan Permai, Petukangan, Jakarta Selatan.

“Reuni tak terduga’ itu kian serius, tatkala Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana ( keyboards ), Gilang Ramadhan ( drums ), Pra Budi Dharma ( bass ), Donny Suhendra ( gitar ) dan Trie ‘Iie’ Utami   ( lead vocal ) kembali masuk studio rekaman, membuat aransemen ulang lagu lamanya, dan menulis lagu baru secara bersama, seacam workshop. Dony Hardono bertindak selaku sound engineer di DSS Studio.

2014 – 2016 : Tour Perdana

Java Jazz Festival 2014 adalah panggung besar pertama yang menampung kreativitas Krakatau Reunion setelah vakum main bareng hampir seperempat abad. Pada panggung Jazz Traffic akhir 2014 di Surabaya, untuk pertamakalinya Krakatau Reunion membawakan lagu baru, ‘Dari Mata ke Mata’ dan ‘Aku, Kamu, Kita’. Testcase ‘pasar’ ini cukup membanggakan, seiring dengan pendewasaan bermusiknya, Krakatau Reunion terlihat mulai sangat aman untuk ‘kembali bekerjasama’,  membunuh egonya sebagai musisi dengan skill tinggi. 

Sepanjang tahun 2014 – 2016, Krakatau Reunion sudah menyinggahi panggung Java Jazz Festival 2014 ( Jakarta ), Kampung Jazz ( Bandung ), Jazz Market By The Sea ( Bali ), ASEAN Jazz Festival ( Batam ), Jazz Traffic ( 2014 – 2015 Surabaya ), Bursa Efek Jakarta ( Jakarta ), Economic Jazz Live ( Yogya ), Jazz Goes to Campus ( Jakarta ) dan Smada Palu ( Palu, Februari, 2016 ).

Bagi Dwiki Dharmawan, tak mudah untuk menyesuaikan waktu tour Krakatau Reunion, setelah mereka vakum panjang, “Karena sejatinya masing-masing personil Krakatau Reunion sudah punya aktivitas secara individual, yang menyatukan kami kembali adalah idealisme dan adanya visi musik yang sama.”

Contoh yang jelas, Dwiki mengaku masih jatlag waktu Minggu ( 01/5 ) harus memulai latihan lagi untuk Krakatau Reunion Tour 2016 ini, karena Jumat (29/4), Dwiki Dharmawan baru saja pulang dari Uzbekistan, ambil bagian pada UNESCO International Jazz Day, bersama kawan musisinya dari Jakarta, main di kota Taskent dan Samarkand. Indra Lesmana, beberapa tahun terakhir menetap di Bali, Gilang Ramadhan sibuk dengan Lembaga Pendidikan Musiknya, Trie Utami padat jadwal manggung solo, begitu juga Donny Hardono yang jadi session musician di panggung dan mengajar di sebuah Lembaga Pendidikan Musik di Jakarta Selatan, “Tapi, mereka punya komitmen yang sama, Krakatau Reunion harus solid, bahkan, jika gak ada aral melintang, September kami akan merilis album baru Krakatau Reunion, “ janji Donny Hardono.

Setelah mengakhiri tour perdananya pada Februari 2016 di Palu, Krakatau Reunion menyiapkan Tour panjang kedua, antara Mei – Agustus. Donny Hardono menyodorkan jadwal : tanggal 4 Mei Krakatau Reunion tampil di North Sumatera Jazz Festival 2016 ( Medan ), 7 Mei Exclusive Concert Krakatau Reunion ( Hotel Haris, Bandung ), 13 Mei perform di Motion Blue Cafe ( Jakarta ), 15 Mei di Borobudur Jazz Festival, 16 Mei di Semarang Great Sale, 07 Agustus main di Tour d’Singkarak ( Sumatera Barat ), dan tanggal 21 Agustus tercatat Krakatau Reunion akan tampil di Prambanan Jazz Festival, antaralain bersama Al Jarreau dan Boyz II Man.

Exclusive Concert Krakatau di Bandung

Bertempat di Hotel Haris Convention, Bandung, Sabtu 7 Mei, Krakatau Reunion akan tampil khusus dengan durasi 2 jam, membawakan sedikitnya 17 lagu, 13 lagu lama dengan aransemen baru, dan sedikitnya 4 lagu baru, “Jumlah lagu dan judulnya masih tentatif, bisa berubah juga sih, karena kami masih mematangklan rekaman Krakatau Reunion. Satu yang pasti, Konser Eksklusif Kratakatau Reunion di Bandung nanti, kami  akan membawakan seluruhnya lagu ciptaan Krakatau Reunion, sebagian diantaranya belum kami bawakan di tempat lain,” janji Gilang Ramadhan.

Tiga lagu baru berjudul ‘Dari Mata ke Mata’, ‘Aku, Kamu, Kita’ dan ‘Cermin Hati’.  Beberapa lagu lainnya yang siap menggetarkan panggung Hotel Haris adalah ‘Lasamba Primadona’, ‘Anyer’, ‘Ironis’, ‘’Kemelut’, ‘Haiti’, ‘Kau Datang’, ‘Gemilang’, ‘Kembali Satu’ dan ‘Sekitar Kita’. Exclusive Concert Krakatau Reunion digelar oleh Festival Citylink, dengan webside : www.festivalcitylink.com. Buat ‘Keluarga Krakatau’, ticket Exclusive Concert Krakatau di Bandung bisa mendapatkan diskon 20% dari tangal 27 April hingga 03 Mei dengan menghubungi hotline Panitia : 081322783725.

Trie Utami tampak amat semangat waktu memulai latihan, Indra Lesmana dan Dwiki Dharmawan, saling mengisi dengan teknik permainan keyboardsnya. Sesekali ada komunikasi antar pemain, mencari kesepakatan agar hasil akhir aransemen yang mereka bikin dan tulis di workshop, bisa terdengar indah. Pra Dharma dan Gilang Ramadhan menjaga rhythm section, sampai proses latihan ini akan berada di puncaknya pada Senin ( 02/5 ),  saat itu Krakatau Reunion akan mengijinkan proses latihan di DSS Studio, boleh diintip  diliput wartawan media cetak, online, TV dan radio......

Krakatau Reunion Tour 2016 ini dianggap manajemen Krakatau Reunion sebagai pre promo album baru, setelah dengan nama Krakatau yang memiliki 2 manajer alm Nunus Oetomo dan Iwan Setyawan, SH - Krakatau telah merilis Krakatau First Album ( 1985 ), Krakatau Second Album ( 1987 ), Mini Album ( 4 lagu dengan hit ‘Kau Datang’ 1989 ), Krakatau Kembali Satu ( 1990 ). /XPOSEINDONESIA : Bens Leo Foto :  Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Login to post comments